Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis E-learning Elgg pada Model Project Based Learning
pdf

How to Cite

Dwiantoro, A., & Kusumandari, R. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis E-learning Elgg pada Model Project Based Learning. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(2), 49-57. https://doi.org/10.15294/ijcets.v4i2.14306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan Pembelajaran PBL menggunakan E-Learning ELGG, menghasilkan produk E-Learning ELGG, dan mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan E-Learning ELGG pada siswa kelas X MIA3 mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, SMA Kesatrian 1 Semarang.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan lima tahap proses pengembangan E-Learning ELGG pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA3 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, SMA Kesatrian 1 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan E-Learning ELGG (Sistem Kerja Baru) yaitu 91,7%, pada pembelajaran konvensional (Sistem Kerja Lama) yaitu 74%.Prosedur pengembangan E-Learning ELGG terdiri dari lima tahap, yang mengacu pada penelitian dan pengembangan oleh Borg dan Gall, yaitu pra pengembangan model, pengembangan model, evaluasi model, penerapan model dan revisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan E-Learning ELGG efektif siswa kelas X MIA3 mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, SMA Kesatrian 1 Semarang. 

 

This study aims to determine the development of the procedure using the PBL Learning E-Learning Elgg, produce E-Learning Elgg, and examine the effectiveness of learning by using E-Learning Elgg in class X MIA3 craft and Entrepreneurship subjects, SMA Kesatrian 1 Semarang. This study uses a Research and Development (R & D) by using a five-stage process of development of E-Learning Elgg on subjects craft and Entrepreneurship. The subjects were students of class X MIA3 on subjects craft and Entrepreneurship, SMA Kesatrian 1 Semarang. The results showed that the average value of students who use the E-Learning Elgg (New Work System), ie 91.7%, in the conventional learning (Old Work System), namely 74%. E-Learning procedure Elgg development consists of five stages, which draws on research and development by the Borg and Gall, namely pre model development, model development, model evaluation, implementation and revision of the model. Based on the results of this study concluded that learning by using E-Learning effective Elgg class X MIA3 craft and Entrepreneurship subjects, SMA Kesatrian 1 Semarang

https://doi.org/10.15294/ijcets.v4i2.14306
pdf