MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C “HARAPAN BANGSA” DI UPTD SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

  • Dewi Ratna Ciptasari Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Utsman Utsman Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: program management, kejar program C

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan program paket C, pengorganisasian program paket C, pelaksanaan program paket C. Pengawasan program paket C dan evaluasi program paket C di UPTD SKB Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode diskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari Kepala sekolah, dua tutor, satu tata usaha dan tiga warga belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian yang diperoleh adalah perencanaan program kejar paket C menggunakan prosedur identifikasi, perumusan tujuan, perekrutan tutor dan WB, penentuan materi dan media. Pengorganisasian program paket C dilakukan dengan pembagian tugas dan tanggungjawab secara proporsional pada masing-masing organisasi pelaksana yang ada di SKB. Pelaksanaan program seminggu tiga kali, yang pembelajarannya umumnya menggunakan metode ceramah, tanyajawab dan praktek. Pengawasan kegiatan program paket C dilakukan secara internal dan eksternal. Evaluasi program paket C dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif dan sumatif.

The purpose of this study was to describe the:  program planning package C, organizing package C, program implementation package C, oversight program packages C and, evaluation program package C in UPTD SKB Ungaran Kabupaten Semarang This research used the qualitative approach with the diskriptif method, the techniques of data collection one by observation, interviews, and documentation. Subyeks consisting of the principal, tutors, administrative and 3 learners. Data analysis techniques used in this research include: data collection, data reduction, representation of data, and withdrawal/ verification conclusion. The technique used for checking the validity of the data in this study is a triangulation of sources. The research results obtained are: package C program planning procedures, formulation of objectives, identification of the recruitment of tutors and WB, determination of material and media. Organizing package C is carried out by the division of tasks and responsibilities proportionatelyin each implementing organization that exists in SKB. Implementation of the programme of the week three times , that is the lesson that generally use methods lectures, faqs and practice. Supervision of the activities of the program package C is done internally and externally. Evaluation of the program package C is done using formative and summative evaluation.

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta: Cipta jaya.

Ediyanti, Yesi purnama. 2006. Skripsi: Hubungan Kompetensi Pendidik dengan Prestasi Belajar Anak Didik di Kelompok Bermain Anak Cerdas Ungaran.

Hasibuan, Malayu. 2004. Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Edisi revisi, cetakan ketiga. Jakarta: Bumi Aksara

Rifa’i RC, Achmad. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Siagian, Sondang P. 1983. Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Adminsitrasi. Jakarta: PT. Gunung Agung.

Sudjana D. 2000. Manajemen Program Pendidikan untuk pendidikan Luar Seekolah dan pengembangan Sumberdaya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Non Formal (Konsep Dasar, Proses Pemberdayaan, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: UNNES Press.

(http://fauziep.blogdetik.com/2009/11/09/menyoal-keberadaan-sanggar-kegiatan-belajar-sebagai-lembaga-percontohan/. Diunduh pada 2 Desember 2014 pukul 15.31 WIB)

How to Cite
Ciptasari, D., & Utsman, U. (1). MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KEJAR PAKET C “HARAPAN BANGSA” DI UPTD SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.8048
Section
Articles