PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KI HADJAR DEWANTORO KOTA SELATAN GORONTALO

  • Abdul Rahmat PLS FIP UNG
  • Ertiwi Mamonto PLS FIP UNG

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah metode eksperimen one group pretest- posttest design. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 36 orang. Uji normalitas dengan menggunakan Uji Lilliefors  dan diperoleh  nilai L0 < Ltabel yaitu pada pre test nilai L00,138 dan  post test nilai L00,096 sedangkan  untuk nilai Ltabel0,149 data hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk data pre test dan post test berdistribusi normal. Homogenitas varians uji barlett statistik chi kuadrat diperoleh 0,983 < 3,841 maka data tersebut homogen, pengujian ini bertujuan untuk menentukan teknik uji hipotesis yang akan digunakan  karena data homogen  uji hipotesis yang digunakan adalah statistik uji t. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung 5,68 dan ttabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan  yang signifikan dari kemampuan menyimak anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan atau metode bercerita. Dengan perbedaan tersebut, dapat disimpulkan adanya pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak.

References

Abidin Yunus 2013.Pembelajaran Berbahasa Berbasis Karakter.Bandung :Refika Aditama

Arikunto, suharsimi.2005.Manajemen Penelitian.Jakarta:PT Rineka Cipta

Dhieni, Nurbiana dkk 2009. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Isjoni 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : Alfabeta

Kuswanto, Dedy 2012. Statistik Untuk Pemula & Orang Awam. Jakarta : Laskar Aksara

Latif Mukhtar 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Masly Dessy Rey 2013. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pembentukan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di Tk An-Nisa. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.

Moeslichatoen 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Rineka Cipta

Montolalu B.E.F. dkk2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Noviyana, Lia 2013 Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Pada Kelompok Bermain (KB) Tunas Bangsa Desa Wotansari, Kec.Balongpanggang, Kab. Gresik. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.

Nurhamidah 2013. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Prasekolah di TK Siaga Tunas Kelapa Ngalangan Sardonohardjo.Skripsi. Tidak Dipublikasikan

Pulukadang Rosdiana 2014. Implementasi Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Paud Anggrek Desa Bululi Kec. Asparaga Kab. Gorontalo. Skripsi. Tidak Dipublikasikan

Biga Gustina 2014. Meningkatkan Kosentrasi Dalam Pembelajaran Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Pada Anak TK Tinelo Kec. Suwawa Tengah Kab. Bone Bolango. Skripsi. Tidak Dipublikasikan

Sundayana Rostina 2014 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sudjana 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Sugiyono 2013. Metode Penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta

Undang-Undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003.

http://Jurnal PERPUS UPI Validitas Perangkat Pembelajaran. Diakses tanggal 12 Marat 2015

Published
2016-06-27
How to Cite
Rahmat, A., & Mamonto, E. (2016). PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KI HADJAR DEWANTORO KOTA SELATAN GORONTALO. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1). https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.9728
Section
Articles