KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VIII

Main Article Content

Anita Rachmawati
Haryadi Haryadi

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan metode SQ3R dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi pada siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design yang dengan perlakuan metode SQ3R (Survey-Question-Read-Recite-Review). Hasil dari penelitian ini yaitu metode SQ3R efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi yang dibuktikan dengan signifikasi (sig. 2-tailed) 0.000 < 0.005. Hasil uji tersebut menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada metode SQ3R sehingga dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi.


Kata Kunci: mengidentifikasi informasi, teks eksplanasi, metode SQ3R


 


Abstract


This research aim is describing the effectiveness of the SQ3R method in identifying information of explanation text in 8th grade students. This type of research is quasi experiment with nonequivalent control group design with SQ3R method (Survey-Question-Read-Recite-Review). The result of this research are SQ3R method effective used on identifying information of explanation text that was proved on the result of T test that has significant (Sig. 2-tailed) 0.000 < 0.05. The result describes there was a significant difference in SQ3R method, so it can be concluded that SQ3R method is effective to use in learning of identifying informasi of explanation text.


Keywords: identifying information, explanation text, SQ3R method

Article Details

How to Cite
Rachmawati, A., & Haryadi, H. (2018). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VIII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 9-16. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i2.26246
Section
Articles