PROFESIONALISME GURU MGMP AKUNTANSI SMK KOTA SEMARANG MELALUI TRANSFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS MYOB ACCOUNTING

Main Article Content

Kardiyem Kardiyem
Indah Anisyukurillah
Puji Novita Sari

Abstract

Program MYOB adalah program yang paling banyak dipakai  di Indonesia untuk skala perusahaan kecil dan menengah yang jumlahnya tak terhitung banyaknya.  Jumlah ini terus bertambah dari waktu ke waktu seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis di Indonesia. Berbekal keahlian mengoperasikan program MYOB maka lulusan SMK Akuntansi akan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas. Fakta di lapangan menunjukkan keadaan yang berbeda, guru sebagai salah satu sumber belajar di SMK masih mengalami kesulitan dalam membimbing peserta didik dalam belajar MYOB akuntansi manufaktur. Kesulitan yang dialami oleh guru akuntansi SMK di Kota Semarang adalah kesulitan dalam mengoperasikan software MYOB. Karakteristik transaksi perusahaan manufaktur yang berbeda dengan perusahaan dagang semakin menjadikan guru belum dapat menjelaskan materi tersebut kepada para peserta didik ketika sedang praktik di laboratorium. Faktor penyebab kesulitan lagi bagi para guru adalah karena perintah-perintah dalam program MYOB menggunakan bahasa inggris. Berpijak dari permasalahan tersebut perlu dilakukan pengabdian oleh tim  kepada guru akuntansi yang tergabung dalam MGMP akuntansi SMK Kota Semarang agar kompetensi profesional guru meningkat. Pelatihan MYOB diberikan kepada guru akuntansi yang berjumlah 20 guru yang dilaksanakan tanggal 9 September 2018 di SMK Negeri 9 Semarang. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah demonstrasi. Harapan dari kegiatan ini adalah guru akuntansi mampu membawakan materi MYOB pada kelas praktik komputer secara tepat.

Article Details

How to Cite
Kardiyem, Kardiyem, Indah Anisyukurillah, and Puji Sari. 2019. “PROFESIONALISME GURU MGMP AKUNTANSI SMK KOTA SEMARANG MELALUI TRANSFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS MYOB ACCOUNTING”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (1), 70-74. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28696.
Section
Articles