Open Access Policy

Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran

Open Access Information and Policy

 

All articles published by the Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran are made immediately available worldwide under an open access license. This means:

  • everyone has free and unlimited access to the full-text of all articles and other types of publication published in the Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran; and
  • everyone is free to re-use the published material if proper accreditation/citation of the original publication is given under an open access Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).

Permissions

No special permission is required to reuse all or part of article published by the Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran including figures and tables. All articles published under an open access Attribution 4.0 International (CC BY 4.0), and any part of the article may be reused without permission provided that the original article is clearly cited. Reuse of an article does not imply endorsement by the authors or Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran. 

Meaning of Open Access

In accordance with major definitions of open access in scientific literature (namely the BudapestBerlin, and Bethesda declarations), the Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran defines open access by the following conditions: 

  • peer-reviewed literature is freely available without subscription or price barriers,
  • literature is immediately released in open access format (no embargo period), and
  • published material can be re-used without obtaining permission as long as a correct citation to the original publication is given.

This means that all articles published in the Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaranw, including data, graphics, and supplements, can be linked from external sources, scanned by search engines, re-used by text mining applications or websites, blogs, etc. free of charge under the sole condition of proper accreditation of the source and original publisher. The Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran believes that open access publishing fosters the exchange of research results amongst scientists from different disciplines, thus facilitating interdisciplinary research. Open access publishing also provides access to research results to researchers worldwide, including those from developing countries, and to an interested general public. The Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran publishes all of its articles under the open access model, we believe that open access is an enriching part of the scholarly communication process that can and should co-exist with other forms of communication and publication, such as society-based publishing and conferencing activities.

 

 

 

Versi Bahasa Indonesia

Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran

Informasi dan Kebijakan Akses Terbuka

 

Semua artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran segera tersedia di seluruh dunia di bawah lisensi akses terbuka, artinya:

  • setiap orang memiliki akses gratis dan tidak terbatas ke teks lengkap semua artikel dan jenis publikasi lainnya yang diterbitkan di Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran; dan
  • setiap orang bebas untuk menggunakan kembali materi yang diterbitkan jika kredit / kutipan yang tepat dari publikasi asli diberikan di bawah akses terbuka Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).

Izin

Tidak diperlukan izin khusus untuk menggunakan kembali semua atau sebagian artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran termasuk gambar dan tabel. Semua artikel diterbitkan di bawah akses terbuka Attribution 4.0 International (CC BY 4.0), dan setiap bagian dari artikel boleh digunakan kembali tanpa izin asalkan artikel asli dikutip dengan jelas Penggunaan kembali artikel tidak menyiratkan dukungan dari penulis atau Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran.

Arti dari Akses Terbuka

Sesuai dengan definisi utama open access dalam literatur ilmiah (yaitu deklarasi BudapestBerlin, dan Bethesda declarations), definisi Open access Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:

  • seluruh naskah tersedia secara bebas tanpa hambatan untuk berlangganan atau harga,
  • seluruh naskah segera dirilis dalam format akses terbuka (tanpa periode embargo), dan
  • materi yang diterbitkan dapat digunakan kembali tanpa izin selama kutipan yang benar dari publikasi asli diberikan.

Artinya, semua artikel yang dimuat di Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, termasuk data, grafik, dan suplemen, dapat ditautkan dari sumber eksternal, dipindai oleh mesin pencari, digunakan kembali oleh aplikasi atau situs penambangan teks, blog, dan lain-lain secara gratis. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran percaya bahwa penerbitan akses terbuka mendorong pertukaran hasil penelitian di antara para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu, sehingga memfasilitasi penelitian interdisipliner. Penerbitan akses terbuka juga menyediakan akses ke hasil penelitian untuk peneliti di seluruh dunia, termasuk dari negara berkembang, dan untuk masyarakat umum yang tertarik. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran menerbitkan semua artikelnya di bawah model akses terbuka, kami percaya bahwa akses terbuka adalah bagian yang memperkaya karya ilmiah proses komunikasi yang dapat dan harus hidup berdampingan dengan bentuk komunikasi dan publikasi lain, seperti kegiatan penerbitan dan konferensi berbasis masyarakat.