PRAKTIK YANG BAIK PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPROFESIONALAN DAN MENGELOLA PEMBELAJARAN BERMAKNA

Main Article Content

Rahayu Pristiwati

Abstract

Artikel ini bertujuan meningkatkan pengetahuan guru tentang kemampuan keprofesionalan dan mengelola pembelajaran bermakna tentang Praktik yang Baik PAKEM. Dalam pelaksanaan penerapan IPTEKS ini digunakan dua metode, yaitu metode pelatihan dan metode pembimbingan/pendampingan. Keberhasilan program pengabdian kepada masyarakat yang bersasaran guru Bahasa Indonesia SMP ini dapat dilihat (1) pelatihan ini telah dapat meningkatkan pengetahuan guru Bahasa Indonesia SMP tentang kemampuan keprofesionalan dan mengelola pembelajaran bermakna dengan Praktik yang baik PAKEM  yang menjadi khalayak sasaran program pengabdian kepada masyarakat ini yang berupa penerapan IPTEKS, (2) pemahaman guru Bahasa Indonesia SMP tentang kemampuan keprofesionalan dan mengelola pembelajaran bermakna dengan Praktik yang baik PAKEM ini yang berupa penerapan IPTEKS juga telah meningkat, (3) pelatihan praktik yang baik PAKEM ini juga telah dapat meningkatkan  kemampuan guru Bahasa Indonesia SMP tentang kemampuan keprofesionalan dan mengelola pembelajaran bermakna yang menjadi khalayak sasaran program pengabdian kepada masyakat ini yang berupa penerapan IPTEKS

Article Details

How to Cite
Pristiwati, Rahayu. 2019. “PRAKTIK YANG BAIK PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPROFESIONALAN DAN MENGELOLA PEMBELAJARAN BERMAKNA”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (1), 100-103. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28701.
Section
Articles