Fokus dan Ruang Lingkup

FOKUS dan RUANG LINGKUP, Focus and Scope

Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (SNH) adalah salah satu inisiatif dari Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan melibatkan berbagai Pusat Studi dan Kajian, yakni Pusat Studi Gender dan Perlindungan Perempuan, Pusat Kajian dan Bantuan Hukum,  Pusat Studi Asia Tenggara, Pusat Studi Anti Radikalisme dan Terorisme, Pusat Studi Hukum Ekonomi Syariah, Pusat Kajian dan Klinik Hukum Pendidikan Anti Korupsi, Pusat Studi Hak Asasi Manusia, Klinik Hukum Lingkungan, Klinik Hukum Ketenagakerjaan, dan Pusat Kajian Putusan dan Perundang-Undangan. SNH memiliki tujuan utama untuk memfasilitasi diskusi ilmiah dan profesional atas perkembangan isu-isu hukum saat ini di Indonesia serta untuk mempublikasi penelitian hukum yang inovatif berkaitan dengan berbagai tema hukum di Indonesia. SNH diterbitkan secara online dan cetak, menggunakan Bahasa Indonesia, memiliki fokus kajian, namun tidak terbatas pada bidang Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Pajak, Hukum Islam, Hukum Ketenagakerjaan, Hukum Adat, Hukum Internasional, Hukum dan Masyarakat, dan Hukum Pertanahan. SNH secara berkala menerbitkan tulisan-tulisan dengan tema-tema khusus pada setiap edisi, sehingga SNH mampu disejejarkan dengan jurnal ilmiah berkala.

 

SNH pada dasarnya berisi topik-topik berkaitan dengan hukum. Ragam konten yangg dicakup oleh SNH mencakup pandangan dan pemikiran pakar hukum dan bidang-bidang hukum yang sudah banyak dikaji, seperti hukum privat dan hukum publik, meliputi:

Hukum Pidana, termasuk Kriminologi dan Viktimologi

Hukum Internasional Publik

Hukum Konstitusi dan Administrasi

serta Perbandingan Hukum

Tulisan berkaitan dengan selain topik yang tertera dalam daftar di atas akan dipertimbangkan sepanjang topik tersebut berkaitan dengan atau terkait dengan hukum Indonesia.

KEBIJAKAN BAGIAN, Section Policies

EDITORIAL    [X] Open Submission    [X] Indexed     [  ] Peer-Review

ARTIKEL        [X] Open Submission    [X] Indexed      [X] Peer-Review

SAMPUL        [  ] Open Submission    [  ] Indexed      [  ] Peer-Review

 

PROSES REVIEW, Peer Review Process

Naskah yang diserahkan merupakan naskah yang diikutsertakan dalam Seminar Nasional Hukum dan telah dipresentasikan secara langsung, dan akan ditinjau ulang oleh Editor, menentukan apakah naskah telah sesuai dengan pedoman pengajuan SNH. Naskah yang telah sesuai dengan gaya jurnal akan ditinjau oleh Dewan Redaksi. SNH adalah jurnal double blind peer-reviewed yang melibatkan banyak reviewe ahli dalam bidang hukum yang relevan. Keputusan akhir penerimaan naskah hanya ditentukan oleh editor menurut komentar Reviewer. Plagiarisme dan self-plagiarisme tidak diizinkan. SNH menggunakan Turnitin untuk menyaring artikel untuk mendeteksi plagiarisme. Deteksi teks tumpang tindih dan serupa yang digunakan dan menjadi kutipan sehingga kutipan yang tepat harus digunakan kapan pun diperlukan.

 

KEBIJAKAN KETERBUKAAN AKSES, Open Access Policy

SNH memberikan akses terbuka langsung pada setiap isi tulisan dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

BIAYA, Auhtor Fees

SNH menyambut baik pengiriman artikel dan tidak mengenakan biaya Pemrosesan Artikel dan Biaya Publikasi Artikel. Untuk Perpustakaan/Individu, mengakses artikel yang dipublikasikan tidak memerlukan biaya dan tidak berlangganan. Untuk edisi cetak berlangganan, silakan hubungi kami.