PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN SMP

  • Amanatul Munawaroh Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Wulan Christijanti Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Supriyanto - Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Learning score, Human digestion system, Project based learning,

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Model pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, presentasi dan pembuatan laporan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek pada materi sistem pencernaan manusia di SMP N 2 Ambal Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan desain Control Group Pretest –Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII yang diajar oleh guru IPA yang sama. kelas VIII E sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ceramah dengan metode  diskusi dan VIII F sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis proyek. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebasyaitu model pembelajaran berbasis proyek materi  sistem pencernaan manusia dan variabel terikat hasil belajar siswa.Data dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan uji Gain dengan kriteria sedang-tinggi pada kelas eksperimen mencapai 86,67% sedangkan kelas kontrol 62,50%. Uji t menunjukkan t-hitung 2,87 >t-tabel 2,00  artinyapeningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi sistem pencernaan manusia  mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Abstract

___________________________________________________________________

Project based learning model was constituted by planning, implementation, presentation, and project report steps. The aim of this study was  to find out the increasing of student’s learning score after  applying the project based learning model to teaching  the human digestion system for  second grade students at  SMP Negeri 2 Ambal Kebumen. This study used control group pretest-posttest design. The population of this study was the second grades students taught by the same teacher. E class was the control group which was taught  by using discussion method. Besides, F class was the experimental group which was taught  by using project based learning model. The sample was taken by cluster random sampling technique. Independent variable was the project based learning methods whereas dependent variable was the student’s learning scores. The data were analyzed by quantitative and qualitative description. This study indicated that Gain-test with sufficient-high criteria of the experimental group achieved was  86, 67% ; whereas, the control group was 62, 50%. The T-test indicated t-measured was  2,87> and t-table 2,00. It could be understood that the score of th experimental group was higher than that of  the control  group. Based on this study, it could be concluded that applying the project based learning model to teaching  the human digestion system learning materials  could  increase student’s learning scores.

Author Biographies

Amanatul Munawaroh, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Wulan Christijanti, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Supriyanto -, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Baharudin H, Khairul A, Kamaruzaman J & Nik A. 2009. project based learning practices in a politeknik kota bharu, Malaysia. Online at www.ccsenet.org/journal.html (diakses tanggal 10 Januari 2012)

Blumenfeld, P.C, E soloway, dan Marx R.W. 1991. motivating project-based learning: educational Psychologist.http://www.bgsu.edu/organizations/etl/proj.html. (diakses tanggal 10 Januari 2012)

Dahniar. N. 2006. science project sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan proses sains di SMP. Jurnal Pendidikan Inovatif. Vol. 2. No. 1

Darsono M, A Sugandhi, Martensi, RK Sutadi dan Nugroho. 2001. Belajar dan Pembelajaran: IKIP Semarang Press

Hamdu, G. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian Pendidikan. Vol.12 No.1

Khamdi W. 2001. Pembelajaran berbasis proyek: model potensial untuk peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Gentengkali, Malang 2007

Purworini, S. 2006. Pembelajaran berbasis proyek sebagai upaya mengembangkan habit of mind studi kasus di SMP nasional KPS Balikpapan. Jurnal pendidikan inovatif. Vol.1. No.2

Slameto. 2003. Belajar dan Factor – Factor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta

Sukiniarti. 2007. Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mahasiswa dipendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan.Vol. 7: 12 – 18

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published
2013-05-29
Section
Articles