PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERBASIS EDUTAINMENT DENGAN TUTOR SEBAYA DI SMP TEUKU UMAR SEMARANG
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran sistem reproduksi manusia berbasis edutainment dengan tutor sebaya efektif diterapkan di SMP Teuku Umar Semarang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah experimental design, dengan desain group-post- tes-only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Teuku Umar Semarang yang berjumlah 244 siswa. Sampel diambil 2 kelas yaitu kelas IX-3 (eksperimen) dan IX-2 (kontrol) dengan teknik pengambilan sampel secara “Purposive samplingâ€. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa 97% telah melampaui KKM ≥70. Rata- rata aktivitas siswa mencapai 82% siswa aktif dalam pembelajaran. Rata-rata aktivitas tutor sebaya mencapai 90% (sangat tinggi) dalam pembelajaran. Siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran sistem reproduksi manusia berbasis edutainment dengan tutor sebaya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis edutainment dengan tutor sebaya efektif diterapkan pada materi sistem reproduksi manusia di SMP Teuku Umar Semarang.
Â
Â
Abstract
___________________________________________________________________
The aim of this research was to know the effectiveness of human reproductive system learning based on edutainment by peer fasilitator. This research used experimental design group posttest only types. Population of this research were student of IX grades from SMP Teuku Umar Semarang (244 student). Samples selected by purposive sampling methods, IX-3 for experimental class and IX-2 for control class. The result shown that student achievement was 97% fulfilled of KKM ≥ 70. The average of the students activities in learning was 82% active. Peer fasilitators activities average was 90% (very high). Teachers and student gives positive responses for learning in the human reproductive system topic based on edutainment by peer fasilitator. Conclution of this research was the learning bayed on edutainment by peer fasilitator can be applied on the human circulatory systems lesson at SMP Teuku Umar Semarang.
References
Azimatul, Ifah & Rusijono. 2010. Pengaruh penerapan pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar TIK. Jurnal Teknologi Pendidikan 10(2):26-29.
De Porter, B. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Djamarah SB & Zain A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kaypun, S. 2012. Collaborative learning a means to creative thinking in design. International Journal of Education and Information Technologies vol 6 (1): 33-43.
Kusnarti A. 2009. Efektifitas Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Konsep Sistem Saraf (Skripsi). Semarang: Unnes.
Muller, F. 2006. Personality, motives and learning environment as predictors of self-determined learning motivation. Jurnal Review of Psychology 13(2): 75-86.
Puspa RD. 2009. Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya tipe peer assisted learning strategies (PALS) pada komunitas belajar teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan 8(5):1-5.
Ruseno A. 2005. Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasr regulasi-diri, the effectiveness of peer tutoring method on self-regulated learning. Jurnal Penelitian 5(1):17-27.
Suparno P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika (Kontruktivis dan Menyenangkan). Yogjakarta. Online at http://www. library.com/ metode-penelitian-pendidikan-fisika-p-14721.html [diakses tanggal 6 Juli 2012]
Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi. Yogjakarka. Online at http://library .um.ac.id/ free-contents/revolusi-pendidikan-di-indonesia-membedah-metode-dan-teknik-pendidikan- berbasis-kompetensi-sutrisno-30527. [diakses tanggal 1 Agustus 2012]
Wahyuningsih. 2011. Penerapan metode tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan prepare and table set up dalam mata kuliah tata hidang. Jurnal Pendidikan vol 28 (1): 54-
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.