JURNAL BELAJAR SEBAGAI STRATEGI BERPIKIR METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM IMUNITAS

  • Kikie Septiyana Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Andreas Priyono Budi Prasetyo Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Wulan Christijanti Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Imunity System of Learning, Learning Journal, and Metacognitive Thinking Strategy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jurnal belajar dan strategi berpikir metakognitif serta menguji pengaruh penerapan jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif pada pembelajaran sistem imunitas terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kajen. Desain penelitian menggunakan Quasi Experiment dengan pola Pre-Posttest Design yang diterapkan pada kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen (26) dan kelas XI IPA 3 sebagai kontrol (26). Pengambilan sampel secara convenience sampling. Data tentang skor jurnal belajar diperoleh melalui jurnal belajar. Strategi berpikir metakognitif diukur melalui lembar inventori strategi berpikir metakognitif. Data hasil belajar diperoleh melalui Post-test. Data jurnal belajar dan strategi berpikir metakognitif dianalisis secara kuantitatif melalui uji korelasi. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dengan uji t dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi berpikir metakognitif berkorelasi positif dengan jurnal belajar (93,8% dan sig < 0,05). Hasil uji t-test menunjukkan perbedaan nyata dari kedua kelompok. Hasil penelitian penerapan jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa (nilai sig.<0,05).

 

Abstract

___________________________________________________________________

This research aimed to know the relation between learning journal and metacognitive thinking strategy and examine the influence of the use of learning journal as a metacognitive thinking strategy, for teaching Human Imunity Systems, on students’ learning achievement at SMA Negeri 1 Kajen. This research design was Quasi Experiment with Pre-Posttest Design. Subject involved in this research were XI IPA 2 class as the experimental (26) and XI IPA 3 as the control (26). Sample was collected by the convenience sampling technique. Score of learning journal was obtained by scoring the journal. Score of metakognitive thinking strtategy was obtained by Inventory Sheet of Metacognitive Thinking Strategy. Data of the learning achievement were obtained by Post-test. Data of learning journal and metacognitive thinking strategy were quantitatively analyzed using correlation test. Data of students’ learning achievement were quantitatively analyzed using t-test and simple linear regression test. Reseach finding indicated that metacognitive thinking strategy was positively correlated with learning journal (93,8% and sig < 0,05). T-test indicated the significant difference between two groups. The use of learning journal as metacognitive thinking strategy brought significant effect on the students’ learning achievement (sig. value <0,05).

Keywords:

Imunity System of Learning, Learning Journal, and Metacognitive Thinking Strategy

Author Biographies

Kikie Septiyana, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Andreas Priyono Budi Prasetyo, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Wulan Christijanti, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Anggraeni S. 2009. Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar (Learning Journal) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. (Skripsi). Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Anni CT. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Chi M., & Kurt VL. 2010. Meta-Cognitive Strategi Instruction in Intellegent Tutoring Sistem: How, When, and Why. Journal Educational Tchnology & Sociaty. 13 (1): 25 – 39.

Corebima AD. 2005. Pengaruh Pembelajaran Berpola PBMP (TEQ) terhadap Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran IPA Biologi di Beberapa SMPN Kota dan Kabupaten Malang Indonesia. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Damayanti DP. 2009. Penggunana Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Biologi Model Rancangan Alat untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Kebakkramat. (Skripsi). Surakarta: FMIPA Universitas Sebelas Maret.

Dwianto A. 2010. Pengertian, Kegunaan, dan Bentuk Jurnal Belajar. Diunduh di http://www.sangpengajar.com/2010/08/pengertian-kegunaan-dan-bentuk jurnal_02.html pada tanggal 24 Desember 2011.

Febriyanti WP. 2009. Keefektifan Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VI. (Skripsi). Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Jayadi YA. 2008. Penggunaan Jurnal Belajar dengan Macromedia Flash dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Surakarta. (Skripsi). Surakarta: FMIPA Universitas Sebelas Maret.

Laurens T. 2011. Pengembangan Metakognisi Dalam Pembelajaran Matematika. Diunduh di http://p4mriunpat.wordpress.com/2011/11/14/metakognisi-dalam-pembelajaran matematika.htm pada tanggal 2 Januari 2012.

Miranda Y. 2010. Dampak Pembelajaran Metakognitif dengan Strategi Kooperatif terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan 20 (2): 187-201.

Murti HAS. 2011. Metakognisi dan Theory of Mind (ToM). Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR. 1 (2): 53-64.

Peirce W. 2003. Metacognition : Study Strategies, Monitoring, and Motivasion. Diunduh di http://academic.pgcc.edu/~wpeirce/MCCCTR/metacognition.htm#II pada tanggal 2 Januari 2012.

Pillow B. 2008. Development of children’s understanding of cognitive activities. Journal of Genetic Psychologi. 169 (4): 297 – 321.

Purwandari N. 2009. Keterampilan Metakognitif Pada Pembelajaran IPA Biologi di Kalangan Siswa SMP Kota Blitar. (Tesis). Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Sabilu M. 2008. Pengaruh penggunakan jurnal belajar dalam pembelajaran multistrategi terhadap kemampuan kognitif dan metakognitif siswa SMA Negeri 9 Malang / Murni. (Disertasi). Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Silberman M. 2006. Active Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif ). Bandung: Nusa Media

Sudiarta P. 2006. Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Maslah dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Emahaman Konsep dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (3): 588-602.

Sulistiyo. 2008. Kemampuan Metakognisi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Menulis (Disertasi). Semarang : FBS Universitas Negeri Semarang.

Teasdale JD., Pope M., Moore RG., Williams S., & Segal ZV. 2002. Metacognitive Awareness and preventation of Relaps in Depression: Emperical Evidence. Journal of Consulting and Clinical Physicology. 2 (70): 275 – 287.

Walgito B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Zaki M. 2008. Pengaruh Strategi Metakognitif Melalui Pemahaman Siswa terhadap Hasil Ketuntasan Belajar Ekonomi Kelas X MAN Pemalang Muhammad. (Skripsi). Semarang: FE Universitas Negeri Semarang.

Published
2013-05-29
Section
Articles