KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dyah Ayu Pratiwi
Nurkaromah Dwidayati
Rahayu Budhiati Veronica

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran means-ends analysis dengan brainstorming efektif terhadap hasil belajar peserta didik SMP kelas VII materi pokok segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kaliori tahun ajaran 2015/2016. Menggunakan teknik simple random sampling terpilih kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji ketuntasan klasikal, uji kesamaan rata-rata, dan presentase keaktifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kaliori menggunakan model pembelajaran means-ends analysis dengan brainstorming mencapai ketuntasan belajar; (2) hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kaliori menggunakan model pembelajaran means-ends analysis dengan brainstorming lebih baik dari hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran langsung dengan peta konsep; (3) keaktifan peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kaliori menggunakan model pembelajaran means-ends analysis dengan brainstorming lebih baik dari keaktifan peserta didik menggunakan pembelajaran langsung dengan peta konsep.

The purpose of this study was to determine whether the model of means-ends analysis with brainstorming effective to the student learning outcomes of seven grade Junior High School subject matter quadrilateral. This study is quantitative. The population in this study were students of seven grade Juior High School 2 Kaliori in the academic year 2015/2016. By simple random sampling technique, VII-3 class eas selected as the experimental class and the clas VII-4 was selected as the control class. The data collected by the method of documentation, test methods, and observation methods. Test data are analyzed using mathematichal communication of mastery test clasical average, average comparisons, and percentage of liveliness. The result showed taht: (1) student learning outcomes of seven grade Juior High School 2 Kaliori using model of means-ends analysis with brainstorming mastery learning; (2) student learning outcomes of seven grade Juior High School 2 Kaliori using model of means-ends analysis with brainstorming better than student learning outcomes using direct learning with concept maps; (3) liveliness of seven grade Juior High School 2 Kaliori using model of means-ends analysis with brainstorming better than liveliness using direct learning with concept maps.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratiwi, D., Dwidayati, N., & Veronica, R. (2017). KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 173 - 181. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12553

References

Ahmadi, A. & W. Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Armada, T.S. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (Mea) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal FIP. 3(2): 45-53
Brown, V. R. & P. Paulus. 2002. Making group brainstorming more effective: recommendation from an associative memory perspective. Current Directions in Psychological Science 6 (11): 208-212
Clemens, S. R. 1984. Geometry with Applications and Problem Solving. Canada: Addison Wesley.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
D.I, Lestari. 2014. Keefektifan Pembelajaran MEA Berbantuan Lmebar Kegiatan Pesrta Didik Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematic Education 3 (1) (2014).
Simon & Newell. 1971. Human Problem Solving. American Pshycology. 13 (2): 145-159
Sugandi, A. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Pustaka Utama.
Wang, HC, Rose CP, & Chang CY. 2011. Agent-based dynamic support for learning from collaborative brainstorming in scientific inquiry. Springer Journal Computer-Supported Collaborative Learning 6: 371-395.
Wardhani. 2008. Fasilitasi MGMP Jogjakarta. Tersedia : http://p4tkmatematika.org/fasilitasi/13-SI-SKLSMP-Optimalisasi- Tujuan-wardhani.pdf [diakses 23 Januari 2016]
Wulandari. 2014. Pengaruh penerapan metode Brainstorming terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi penyakit dan hama pada tumbuhan di SMP Negeri 1 Ungaran. Unnes Journal of Biology Education (1) 1.
Wulandari, A.A. 2010. efektifitas penggunaan metode group investigation dan brainstorming terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar negeri se-kecamatan laweyan pada pokok bahasan sifat-sifat bangun datar ditinjau dari aktivitas belajar siswa. (Tesis). universitas negeri sebelas maret.
Zhao, Z & Hou J. 2010. The Study on Influencing Factors of Team Brainstorming Effectiveness. International. Journal of Bussiness and Management 5 (1): 181-184.