KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL POGIL BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER BANGSA SISWA KELAS VIII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

PRIMA SEKAR WIDYANINGRUM
Emi Pujiastuti
Kristina Wijayanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran model POGIL berbantuan kartu masalah dapat mencapai ketuntasan klasikal lebih dari atau sama dengan 75% dari jumlah siswa di kelas yang tuntas secara individual dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran model POGIL berbantuan kartu masalah lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan pembelajaran model ekspositori berbantuan kartu masalah, serta bagaimana karakter bangsa siswa dengan penerapan pembelajaran model berbantuan kartu masalah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyumas. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi dan uji ketidaksamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan klasikal dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol. Selain itu, karakter bangsa siswa dengan penerapan pembelajaran model POGIL berbantuan kartu masalah mengalami perubahan menjadi lebih baik dari kriteria yang dimiliki sebelumnya.


 


The purpose of this study was to determine whether the problem­solving ability of students with the application of learning models POGIL assisted problem cards could achieve classical completeness is more than or equal to 75% of the number of students in the class who completed individually and problem­solving ability of students with the application of learning models POGIL assisted problem cards was better than problem­solving ability of students with the application of learning models expository assisted problem cards, and how the national character of students with the application of learning models POGIL assisted problem cards. The population in this study is the eighth­grade students of Banyumas 2 Junior High School. Sampling was carried out by cluster random sampling technique, is obtained as an experimental class in eighth grade D and eighth grade class E as a control. Data collection methods include tests, observation, and documentation. Analysis of the data used is the proportion test, and test two average inequality.The results showed that the test result graders problem solving capabilities experiments achieve classical completeness and the average test students' problem­solving abilities experimental class better than the average results of the test solving abilities issue control class. Besides that, national character of students with the application of learning models POGIL assisted problem cards change be better of the criteria previously owned.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
WIDYANINGRUM, P., Pujiastuti, E., & Wijayanti, K. (2017). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL POGIL BERBANTUAN KARTU MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER BANGSA SISWA KELAS VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 207 - 216. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.13444

References

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hanson, D.M. 2006. Instructor’s Guide to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. SUNY: Stony Brook University.
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Polya, G. 1971. How to Solve It: A New Aspect of Mathematics Method. New Jersey: Princeton University Press.
Rahmawati, N.T., Junaedi, I. & Kurniasih, A.W. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran SSCS Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, vol 2 no 3 2013. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3447/3122 [diakses 06-04-2016].
Rosidah. 2013. Keefektifan Pembelajaran POGIL Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Peluang. Jurnal Kreano, Volume 4 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2013: 73-79. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/download/3155/3171 [diakses 16-03-2015].
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: JICA.
Tambychik, T. & Meerah. 2010. Student’s Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say?. Procedia Social and Behavioral Sciences 8 (2010): 142-151. Tersedia di http://ac.els-cdn.com/S1877042810021257/1-s2.0-S1877042810021257-main.pdf?_tid=e56e2f60-cb47-11e4-aa14-00000aacb361&acdnat=1426447218_81464664ceb16ea484263dcf8079e330 [diakses 16-03-2015].
Wismath, S., Orr, D. & Zhong, M. 2014. Student Perception of Problem Solving Skills. Transformative Dialogues: Teaching & Learning Journal, Vol 7 Issue 3 November 2014. Tersedia di https://www.kpu.ca/sites/default/files/Transformative%20Dialogues/TD.7.3.5_Wismath_etal_Student_Perception.pdf [diakses 27-05-2016].

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>