KEEFEKTIFAN MODEL FSLC DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KOMUIKASI MATEMATIS SISWA

Main Article Content

Intan Hidayati
MOHAMMAD ASIKIN
Sugiman Sugiman

Abstract

Penelitian ini merupakan eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen di SMP N 1 Moga Pemalang. Subjek penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, 2 pertemuan untuk proses penerapan pembelajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis, observasi aktivitas siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dengan pendekatan kontekstual, dan dokumentasi. Data dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif yang diperkuat dengan hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dari hasil perhitungan, diperoleh thitung = 2,95 dan ttabel = 1,69 , oleh karena thitung > ttabel, jadi H0 ditolak. Sehingga rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen lebih dari rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada kelas eksperimen, kemampuan komunikasi matematis peserta didik meningkat dari 64,28% dengan kategori aktif pada pertemuan pertama menjadi 76,78% pada pertemuan kedua dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian, pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC dengan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Hidayati, I., ASIKIN, M., & Sugiman, S. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL FSLC DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KOMUIKASI MATEMATIS SISWA. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4467
Section
Articles
Author Biography

Intan Hidayati, Semarang State University

Mathematics Departement

References

Anggraeni, Dian. 2012. Meningkatkan Kemampuan dan Komunikasi Matematik Siswa SMK melalui Pendekatan Kontekstual dan Strategi Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). UPI.
Bills. 2000. “Indicators of Abstraction Young Children’s Description of Mental Calculation”. Jurnal Mathematics Education Research Centre, University of Warwick.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Mengengah. Jakarta: Depdiknas.
NCTM. 1991. Professional Standards for Teaching Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Putri, Runtyani Irjayanti. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Recripocal Teaching Dengan Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VIII-D SMP Negeri 4 Magelang. Yogyakarta: SKRIPSI UNY.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Turmudi, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>