PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN

Main Article Content

Andi Hepi Swasono
Amin Suyitno
Bambang Eko Susilo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui apakah hasil belajar peserta didik pada materi lingkaran dengan penerapan pembelajaran probing-prompting dapat mencapai ketuntasan, (2) mengetahui apakah persentase ketuntasan belajar peserta didik pada materi lingkaran dengan penerapan pembelajaran probing-prompting lebih tinggi dari persentase ketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran konvensional, dan (3) mengetahui apakah rata-rata hasil belajar peserta didik pada materi lingkaran dengan penerapan pembelajaran probing-prompting lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa SMP Negeri 3 Slawi. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIIIA kelas eksperimen dan VIIIC kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode dokumentasi dan metode tes. Analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji proporsi, uji rata-rata, uji kesamaan dua proporsi, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian diperoleh 86,84% peserta didik dengan probing-prompting mencapai ketuntasan belajar, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78,66 melebihi KKM, ketuntasan siswa pada kelas ekperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Pembelajaran probing-prompting lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Swasono, A., Suyitno, A., & Susilo, B. (2014). PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v3i2.4470
Section
Articles
Author Biography

Andi Hepi Swasono, Semarang State University

Mathematics Departement

References

Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
-----------------. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarata: Bumi Aksara.
Karter, A. 2011.“Pengaruh Penggunaan Teknik Probing-prompting Question dalam Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belaja Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”. Tersedia di http://files.fmipaunima.webnode.com/200000108-46588484b4/08311582%20-%20KarterAlexander%20Maramis.pdf[diakses 15 Februari 2013]
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>