Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tisaga Purnama Jaya
Suharso Suharso

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena dilapangan banyak siswa yang tidak mengetahui faktor yang mempengaruhi disiplin belajar di SMA Negeri se-Kabupaten Sragen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi disiplin belajar. Jenis penelitian yang digunakan adala survai dengan pendekatan kuanitatif deskripif. Subyek penelitian adalah kelas XI dengan teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Skala Persepsi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen dalam faktor yang mempengaruhi disiplin belajar cukup berpengaruh terhadap disiplin belajar. Dapat disimpulkan bahwa dari keempat faktor yang mempengaruhi disiplin belajar semuanya cukup berpengaruh terhadap disiplin belajar. Faktor lingkungan non-sosial merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap disiplin belajar siswa diantara empat faktor yang dapat mempengaruhi disiplin belajar siswa yang terdiri dari faktor fisiologis, faktor psikologis, dan faktor lingkungan sosial.  

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jaya, T., & Suharso, S. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30-35. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i3.19535

References

Ardiansyah, Hanif. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK NU 01 Kendal Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Baharuddin & Esa. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rifa’i, Acmad & Chatarina Tri Anni. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Pers. Sancorella, Devita. (2012). Disiplin Belajar Ditinjau Dari Faktor Internal dan Eksternal. Diunduh di .http://skripsippknunj.com/wp-content/uploads/2013/02/Jurnal- DEVITA.pdf tanggal 20 Juli 2017

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Sumantri, Bambang. (2010). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Presasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Media Prestasi. Vol. 6(3), 117-131.

Tego Saputro, Singgih. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 10 (1), 78-97.

Yuliantika, Siska. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja Tahun 2016/2017. e-Journal Jurusan Pendidikan Ekonomi. Vol. 9(1), 67-77.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>