Pelaksanaan Kunjungan Rumah oleh Guru Bimbingan dan Konseling

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yan Ermawan
Sinta Saraswati
Eko Nusantoro

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan kunjungan rumah oleh guru bimbingan dan konseling. Angket tertutup diberikan kepada 19 orang guru bimbingan dan konseling SMA Negeri di Kabupaten Temanggung. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kunjungan rumah oleh guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri se-Kabupaten Temanggung termasuk dalam kategori yang tinggi (72.26%) dengan perincian indikator variabel yaitu perencanaan sebesar (73.58%), pelaksanaan sebesar (78.78%), evaluasi sebesar (68.72%), analisis hasil sebesar (66.84%), tindak lanjut sebesar (69.12%), dan laporan sebesar (66.32%). Simpulan penelitian ini yakni guru bimbingan dan konseling SMA Negeri se-Kabupaten Temanggung telah dapat melaksanakan kunjungan rumah dengan kriteria tinggi.


The purpose of this research is to describe the implementation of home visits doing by teachers of guidance and counseling. Sealed questionnaire was given to 19 teachers of guidance and counseling high schools at Temanggung Regency. It was analyzed by using descriptive percentages method. The results showed that the implementation of home visits by teachers of guidance and counseling in high schools at Temanggung Regency is included in the category of high (72.26%) with the details of variable indicator are theĀ  plan is equal to (73.58%), the implementation (78.78%), the evaluation (68.72%), analysis of the results (66.84%), follow-up was (69.12%), and report amounted to (66.32%). The conclusions of this research is guidance and counseling teachers of high schools at Temanggung Regency has been able to carry out home visits with high criteria.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ermawan, Y., Saraswati, S., & Nusantoro, E. (1). Pelaksanaan Kunjungan Rumah oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i2.3765

References

Depdiknas. 2008. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: ________

Gunawan, Yusuf. 1992. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Gramedia

Permendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum. Online. https://www.google.com [diunduh pada 03/02/14]

Prayitno dan Amti, Erma. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno. 1997. Pelayanan Bimbingan dan Konseling (Sekolah Menengah Umum). Jakarta: PT Bina Sumber Daya MIPA

Sari, Siska M. Dkk. 2013. Hambatan yang Dialami Guru BK dalam Pelaksanaan Kegiatan Kujungan Rumah di SMP dan SMA Negeri Kota Payakumbuh. Jurnal Ilmiah Konseling. 2/1: 59-61

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Winkel, WS dan MM. Sri Hastuti. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>