Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Motivasi Berprestasi, dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Profesional Konselor
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perilaku merupakan respon atau reaksi individu terhadap stimulus yang berasal dari dalam maupun luar dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal,motivasi berprestasi,dan lingkungan sosial terhadap perilaku profesional konselor. Populasi sekaligus sampel penelitian ini adalah keseluruhan guru BK SMA/SMK/MA Negeri se-Kabupaten Rembang berjumlah 39 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda tiga prediktor. Hasil pengujian hipotesis (1) didapatkan nilai t sebesar 2,591 dengan p sebesar 0,014. p< 0,05 maka Ho ditolak, sehingga ada pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap perilaku profesional konselor,(2) didapatkan nilai t sebesar 2,311 dengan p sebesar 0,027. p< 0,05 maka Ho ditolak, sehingga ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap perilaku profesional konselor,(3) didapatkan nilai t sebesar 2,121 dengan p sebesar 0,041. p< 0,05 maka Ho ditolak, sehingga ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan sosial terhadap perilaku profesional konselor,(4) didapatkan nilai F sebesar 9,386 dengan p sebesar 0,000. p< 0,05 maka Ho ditolak, sehingga ada pengaruh yang signifikan komunikasi interpersonal, motivasi berprestasi, dan lingkungan sosial secara bersama-sama terhadap perilaku profesional konselor. Hal tersebut menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal, motivasi berprestasi,dan lingkungan sosial menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku profesional konselor.
Behavior is a response or reaction on the stimulus provided, both inside and outside. The purpose of this research to determine the effect of interpersonal communication, achievement motivation, and social environment on professional behavior counselors. The population and samples is all of counselors SMA/SMK/MA Rembang which consist 39 people. Data collection method were using psychological scale. Analyzed data were using multiple regression three predictors. The results of hypothesis analysis obtained: (1) t value of 2.591 with p 0.014. p<0.05, then Ho was rejected, so there is positive and significant influence interpersonal communication on professional counselors, (2) t value of 2.311 with p 0.027. p<0.05,then Ho was rejected, so that there is positive and significant influence of achievement motivation to professional behavior counselors,(3) t value of 2.121 with p 0.041. p<0.05, then Ho was rejected, so that there is positive and significant influence to social environment on professional behavior counselors,(4) F value of 9.386 with p 0.000. p<0.05, then Ho was rejected, so that there is positive and significant effect of interpersonal communication, achievement motivation, and social environment together on professional behavior counselors.It indicated that communication interpersonal,achievement motivation,and social environment to be factors that influence professional behavior counselors.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Grasindo.
Gibson, Ivan Cevich et al. 2009. Organizations: Behavior, Structure, Processes. Trirteenth Edition. Mc.Graw-Hill Education (Asia).
Mappiare, Andi. 2006. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: UNNES Press.
Walgito, Bimo. 2001. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta : Penerbit Andi.