Pengaruh Pemberian Career Planning Strategy dalam Layanan Penguasaan Konten Terhadap Survival Skills Siswa SMK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya dampak dari pemberian career planning strategy terhadap survival skills siswa kelas XII Multimedia 2 SMK Negeri 4 Semarang dalam menghadapi masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, delapan kali treatment disertai pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan deskripsi persentase dan uji wilcoxon. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang didasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu sehingga didapatkan sampel berjumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala psikologis dengan 36 item dengan empat jenjang skala yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian career planning strategy dalam layanan penguasaan konten dapat meningkatkan survival skills siswa.
Kata Kunci: Survival Skills; Career Planning Strategy; Layanan Penguasaan Konten
ABSTRACT
The purpose of this research to determine the impact of the provision of career planning strategy against the survival skills of students of class XII Multimedia 2 SMK Negeri 4 Semarang in the face of problems. This research is an experimental research, with eight times treatment and pre-test, post-test given to the student, then analyzed by using percentage description and wilcoxon test. The sampling technique used is purposive sampling based on the purpose and certain considerations so that the sample of 15 students. Data collection was done by using psychological scale with 36 items with four levels of scale that strongly agree, agree, disagree, strongly disagree The results showed that giving career planning strategy in content mastery service can improve survival skills of students.
Keywords: Survival Skills; Career Planning Strategy; Content Mastery Service
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Chatton (2016). Ampuhnya Berfikir Positif dan Optimis. Yogyakarta. Saufa dan Saufa.
Dumulescu, Daniella dan Adrian Opre (2015). Calling and Career Competencies among
Romanian Students: the Mediating Role of Career Adaptability. Canadian Journal of Counseling:32:22.
Elfiky (2010). Terapi Berfikir Positif. Jakarta : Zaman.
Gibson, Robert dan Marianne Mitchell. 2010. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karimah. (2016). Layanan Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Perencanaan Karir
Siswa SMK Indonesia. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga.
Sholl (2011). The 5 Ways to Build Resiliency. Diunduh di http://experiencelife.com/article/the-5- best-ways-to-build-resiliency tanggal 15 Juni 2017.
Stoltz, Paul. (2005). Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang). Jakarta : Grasindo.
Sutrisno. (2013). Perencanaan Karir Siswa SMK (Sebuah Model Berbasis Pengembangan Soft-Skill). Jurnal Varia Pendidikan.25:1-14.