Meningkatkan Perilaku Prososial Rendah Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Sosiodrama
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi atau temuan empiris tentang meningkatkan perilaku prososial melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Semarang. Populasinya adalah 40 siswa kelas VII SMP Negeri 21 Semarang yang memiliki perilaku prososial rendah dan sampel yang berjumlah 17 siswa menggunakan purposeive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala perilaku prososial. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan perilaku prososial melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama, dengan nilai Zhitung = 0< Ztabel = 35. Simpulan dari penelitian ini yakni perilaku prososial siswa dapatditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama . Oleh karena itu, diharapkan guru pembimbing dapat lebih mengintensifkan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama kepada siswa sebagai strategi alternatif untuk membantu meningkatkan perilaku prososial siswa.
The aim for this research was to get information or empirical finding about increasing prososial behavior as the result of content mastery with sociodrama technique. Population of this study was 40 students of the VII class in SMP Negeri 21 Semarang which has a low prosocial behavior. 17 students was selected using purposive sampling technique. Data collection techniques using prosocial behavior scale. The instrument has been tested for validity using Pearson product moment and reliability of the instrument with alpha formula. Data analysis used pearson product moment, descriptive percentage, and wilcoxon. The result showed there was enhancement of prosocial behavior thrught mastery of content service with sociodrama technique with Zcount = 0< Ztable = 35. From this reasearch it can be conluded that prosocial behavior could be enhancement through mastery of content service with sociodrama technique. It is hoped that the teacher as a guide can be more intensively applicate mastery of content servicewith sociodrama technique to the students as an alternative strategy to help students increase prosocial behavior
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Dayakisni & Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang : Universitas Muhamadiyah Malang Press.
Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Djumhur & Moh. Surya. 2001. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung : CV Ilmu
Prayitno. 2004. Layanan Penguasaan Konten Padang Universitas Negeri Padang.
Winkel, W.S.2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta :Media Abadi