Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Putri Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Role Playing
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri remaja putri pubertas awal setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen. Populasinya remaja putri pubertas awal kelas VII SMP N 13 Semarang. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, dengan sampel 16 remaja putri pubertas awal yang memiliki kecenderungan kepercayaan diri rendah. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi berupa skala kepercayaan diri. Analisis datanya menggunakan uji wilcoxon match pair dan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten dengan teknik role playing dapat meningkatkan kepercayaan diri remaja putri pubertas awal, dengan nilai zhitung = 0 < ztabel = 30. Simpulan dari penelitian ini yakni terdapat peningkatan kepercayaan diri remaja putri pubertas awal setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing.
This study seeks to find out the increasing confidence of female adolescent in early puberty after getting mastery content counseling by role playing technique. This research was using pre-experimental design with female adolescents of seven graders in SMP N 13 Semarang as the population. Purposive sampling technique was used in this study. Sixteen adolescents in their early puberty that had tendency of low self confidence was used as sample. Method for collecting data was used self confident scale; whereas, the data analysis used wilcoxon match pair test and descriptive percentage. The result of this study showed that counseling of mastery content by role playing technique was able to increase self confidence of female adolescent in early puberity with the score zcount = 0 < ztable= 30. It can concluded that there was increasing of self confidence for female adolescent in early puberty after getting counseling of mastery content by role playing.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Harviainen, J.T., 2009. A Hermeneutical Approach to Role-Playing Analysis. International Journal of Role-Playing, [e-journal] 1 (1), pp. 66-78. Available at: http:// marinkacopier.nl/ijrp/wp-content/uploads/ 2009/01/ harviainen_hermeneutical_approach_to_rp_a nalysis.pdf [accessed 24 January 2013]
Jarvis, Lori dkk. 2002. Role-Playing as a Teaching Strategy. Journal. Strategies for Application and Presentation Staff Development and Presentation.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling (L4). Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Padang
Roemlah, Tatik. 1994. Role playing sebagai Salah Satu Alternatif Teknik Pengenalan Karir di Sekolah Dasar. Malang : DEPDIKBUD IKIP MALANG FIP
Soegiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.
Schwarts, David J. 2008. Berpikir dan Berjiwa Besar. Terjemahan Budiyanto. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Syaifullah, Ach. 2010. Tips Bisa Percaya Diri. Jogjakarta: Gerai Ilmu.