Persepsi Guru BK Tentang Kompetensi Konselor di Sekolah Dasar Swasta Kota Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Restu Setyoningtyas
Heru Mugiarso
Eko Nusantoro

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang persepsi guru BK tentang kompetensi konselor di sekolah dasar swasta Kota Semarang. Penelitian ini bersifat kuantitatif, responden penelitian adalah guru BK sekolah dasar swasta, teknik pengumpulan data berupa skala psikologi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif Persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru BK tentang kompetensi konselor mendapatkan hasil yang positif. Kompetensi pedagogik yaitu positif, kepribadian yaitu kurang positif, sosial yaitu kurang positif, profesional yaitu cukup positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi guru BK tentang kompetensi konselor di sekolah dasar swasta Kota Semarang pada umumnya positif.


The purpose of this research is determine perception guidance and counseling teacher about counselor competence in private elementary school on Semarang city. This research is quantitative. Respondens is guidance and counseling teacher from private elementary school, techniques of data collection are psychology scale and documentation. The data analysis using Analysis Descriptive Percentage. Result showed that research is perception  guidance and counseling teacher about counselor competence is positive. Pedagogic competence is positive, personality is not positive enough, social is not positive enough, professional is positive enough. The conclusion of this research is perception guidance and counseling teacher about counselor competence in private elementary school on Semarang city in general is positive.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setyoningtyas, R., Mugiarso, H., & Nusantoro, E. (1). Persepsi Guru BK Tentang Kompetensi Konselor di Sekolah Dasar Swasta Kota Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i2.3764

References

Azwar, Saifuddin. 2007. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bafadal, Ibrahim. 2006. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: BUMI AKSARA.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2004. Dasar Standarisasi Profesi Konseling. Jakarta: DEPDIKNAS.

Tim Penyusun. 2007. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. 2009. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandumg: Fokusmedia.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>