Pelaksanaan Asas-Asas BK dalam Pelayanan BK (Ditinjau dari Persepsi Siswa)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yasinta Nur Miftakhul Jannah
Suharso Suharso

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada data dan fenomena yang ditemukan di lapangan yang menunjukkan rendahnya pelaksanaan asas-asas bimbingan dan konseling oleh konselor di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan asas-asas BK dalam pelayanan BK di SMA Negeri se-Kabupaten Pati (ditinjau dari persepsi siswa kelas XI) Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri se-Kabupaten Pati. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik proportionale homogen random sampling dengan sampel sebesar 307 siswa kelas XI. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis dalam bentuk skala persepsi. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil dari penelitian menunjukkan, gambaran pelaksanaan asas-asas BK secara umum sudah masuk pada kategori baik dengan persentase sebesar 73,45%. Asas yang paling tinggi pelaksanaannya yaitu asas kegiatan dengan persentase sebesar 79,80%. Asas yang masih tergolong rendah persentase pelaksanaannya yaitu asas kekinian dengan persentase sebesar 68,80% dan asas alih tangan dengan persentase sebesar 69,10%.


This research is based on data and phenomena found in a field that shows low  implementation of guidance and counseling principles by counselor at school. This research aims to find out the implementation of guidance and counseling principles in counseling services toward public senior high school throughout Pati Regency (reviewed from grade XI students’ perceptions) Academic Year 2014/2015. Population of this research are grade XI public senior high school students throughout Pati Regency. Sampling in this research is done by using proportionale homogen random sampling technique with the number of samples 307 of grade IX. Collecting data method using psychological scale in the form of scale perception. Data analysis method which used is descriptive percentage. The result shows description of the implementation of guidance and counseling principles in general has been included in good category with the number percentage of 73.45%. The highest implementation of principles that is activity principle with the number percentage of 79.80%. The relatively low principles that are contemporary principle with percentage of 68.80% and hand over principle with the number percentage of 69.10%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jannah, Y., & Suharso, S. (2015). Pelaksanaan Asas-Asas BK dalam Pelayanan BK (Ditinjau dari Persepsi Siswa). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(3). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i3.7566

References

Corey, Gerald et al. 1984. Issues & Ethics in the Helping Professions 2nd Edition. Monterey, California: Cole Publishing Company.

Geldard, Kathryn dan David Geldard. 2008. Membantu Memecahkan Masalah Orang Lain Dengan Teknik Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanti, Willi et al. 2013. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Asas Kerahasiaan Oleh Guru BK Dengan Minat Siswa Untuk Mengikuti Konseling Perorangan. Jurnal Ilmiah Konseling UNP.

Suhesti, Endang Ertianti. 2012. Bagaimana Konselor Sekolah Bersikap?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>