Implementasi Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor di Sekolah Menengah Pertama
Pdf

How to Cite

Safitri, D., & Prihatin, T. (2016). Implementasi Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor di Sekolah Menengah Pertama. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 40-48. https://doi.org/10.15294/ijcets.v4i1.14278

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan tindak lanjut serta evaluasi yang dilakukan kepala sekolah sebagai seorang supervisor di SMP Negeri 6 Cirebon. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian peran kepala sekolah sebagai seorang supervisor di SMP Negeri 6 Cirebon yaitu (1) Kepala sekolah membagi perannya sebagai seorang supervisor dengan tim PKG dan tim pendamping atau guru koordinator dan tetap memantau kinerja guru koordinator; (2) Perencanaan supervisi akademik diawali dengan pembuatan program supervisi guru yang disusun pada awal semester untuk satu tahun ajaran; (3) Pelaksanaan supervisi akademik dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama ialah supervisi perencanaan pembelajaran di mana seluruh administrasi pembelajaran dianalisis dan dinilai, tahap kedua ialah supervisi kegiatan pembelajaran; (4) Tindak lanjut berupa bimbingan serta penguatan dan evaluasi keseluruhan program dilakukan pada rapat besar akhir semester.

 

The purpose of this study is to analyze and describe the planning, implementation, follow-up and evaluation from academic supervision by the principals as supervisor of SMP Negeri 6 Cirebon. This study used qualitatif research with case study approach. This results of the principal role as a supervisor in SMP Negeri 6 Cirebon are (1) the principal divide his role as a supervisor with PKG tean and companion team or coordinator teachers but still monitoring the performance of coordinator teachers; (2) the planning of academic supervision starts with arranged teachers supervision program that compiled at the beginning of new singular semester for one year school learning; (3) implementation of academic supervision divided into two phases, the first phase is supervised learning plan which the entire administration learning is analyzed and assessed, second phase is learning activities; (4) the follow-up is guidence and strengthening and entire evaluation of the program performed at the end of the semester in the meeting.

https://doi.org/10.15294/ijcets.v4i1.14278
Pdf