Pengembangan Modul Virtual Interaktif: Inovasi Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar
PDF

How to Cite

Kusrini, D., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan Modul Virtual Interaktif: Inovasi Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 20-26. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.26678

Abstract

This research aims to: (1) generates feasible interactive virtual module as physics learning sources support of grade X senior high school, and (2) generates interactive virtual module in order to improve the achievement of learning outcome. This research method used R & D from model developed by Alessi & Trollip. The development procedures consist of: 1) Planning, 2) Design, 3) Development. The product testing consists of alpha test performed by two media experts and two material expert and beta test conduced through 2 stages that are first beta test (small group trials) of six students and second beta test (large group trials) of thirty two students. The data were analyzed by descriptive qualitative. The results of this research showed: (1) the product resulted in this development research was very feasible based on the evaluation of material experts, media experts and the trial subjects (2) the product proved effective in improving the achievement of learning outcomes, as the evidence of student achieve learning outcomes.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan modul virtual interaktif yang layak digunakan sebagai penunjang sumber belajar fisika kelas X SMA, dan (2) Menghasilkan modul virtual interaktif untuk meningkatkan capaian hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode R & D dengan mengadaptasi model pengembangan Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Desain, dan (3) Pengembangan. Uji coba produk terdiri dari uji alpha yang dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi, dan uji beta yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji beta 1 (uji coba kelompok kecil) pada 6 siswa dan uji beta 2 (uji coba kelompok besar) dilakukan pada 32 siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dihasilkan dinilai sangat layak berdasarkan penilaian para ahli materi, ahli media dan subjek uji coba, (2) Produk terbukti efektif dalam meningkatkan capaian hasil belajar.

Keywords: interactive virtual module; learning resources; learning outcome

https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.26678
PDF