The Full Day School Program and Its Contribution to Student Learning Outcomes: Experience from English Subject
PDF

Keywords

curriculum implementation
Full-day school program
English subject
learning outcomes
Islamic secondary school

How to Cite

Syadiyah, H., & Istyarini, I. (2021). The Full Day School Program and Its Contribution to Student Learning Outcomes: Experience from English Subject. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 9(2), 101-110. https://doi.org/10.15294/ijcets.v9i2.42509

Abstract

The implementation of a full-day school program at MTs. Negeri 2 Brebes has successfully achieved the goal of learning. Research methods are qualitative approaches. The research design uses a case study. The research focuses on the full-day school program's contribution to student learning outcomes of English subject with the object’s alumni of full-day school classes, English teachers, and deputy head of curriculum at MTs. Negeri 2 Brebes. Data collection technique’s semi-structured interviews, unstructured interviews, and literature reviews. Data validity techniques use source triangulation techniques. Data analysis techniques use Miles and Huberman analysis. The study results are: First, the learning objectives of full-day school program implementation at MTs. Negeri 2 Brebes have been achieved. Second, implementations of full-day school programs at MTs. Negeri 2 Brebes can contribute to improving English learning outcomes. Third, the obstacle is the gap in students' grades between full-day school and regular.

Abstrak

Implementasi program full day school  di MTs. Negeri 2 Brebes telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian pendekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Fokus penelitian kontribusi program full day school terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Inggris dengan objek alumni kelas full day school, guru Bahasa Inggris, dan wakasek bagian kurikulum di MTs. Negeri 2 Brebes. Teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, wawancara tak terstruktur, dan tinjauan literatur. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data adalah analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian. Pertama, tujuan pembelajaran implementasi program full day school di MTs. Negeri 2 Brebes telah tercapai. Kedua implementasi program full day school di MTs. Negeri 2 Brebes dapat memberikan kontribusi yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris. Ketiga salah satu kendalanya adalah adanya kesenjangan nilai antara siswa kelas full day school dengan siswa kelas reguler.

https://doi.org/10.15294/ijcets.v9i2.42509
PDF

References

Asmani, J. M. (2017). Full Day School Konsep Managemen dan Quality Control. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Astuti, M. (2013). Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 133-140.

Basuki, S. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Huda, N. (2004). Peningkatan Penguasaan Bahasa Inggris untuk Menghadapi Globalisasi. Kumpulan Artikel: Lustrum ke-10 Universitas Negeri Malang (pp. 44-51). Universitas Negeri Malang, 2004.

Kementerian Agama. (2015). Peraturan Menteri Agama tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 90 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kementerian Agama. (2018). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5162 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Tsanawiyah. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kementerian Agama. (2019). Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kemdikbud. (2018a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2018b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kurniawati, E. (2018). Pengaruh Full Day School terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. [Unpublished thesis] Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Moleong, J. L. (2004). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cetakan ke-20.

Nisa’, U. R. M. F. (2014). Evaluasi Program Kelas Full Day School Di MTs, Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Naskah Publikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Puspita, D. (2018). Analisis Penerapan Full Day School di SMA Negeri 1 Kendari. [Unpublished thesis] Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kendari.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Secretariat Negara Republik Indonesia.

Salim, P. (1988). Advanced English-Indonesia Dictionary. Jakarta: Modern Press.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Setiyarini, I. N., Joyoatmojo, S. & Sunardi. (2014). Penerapan Sistem Pembelajaran “Fun & Full Day School” untuk Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SDIT Al Islam Kudus. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 231-244.

Sumiati, E. (2013). Strategi Pencapaian Quality Assurance Model Full Day School di SDIT Ar Rahmah Pacitan. [Unpublished thesis] Tesis pada Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suranto & Seftiana. (2017). Penerapan Kebijakan Full Day School terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017 (pp. 181-189).

Tani, F. (2015). Penelitian Kualitatif #024: Empat Tipe Triangulasi dalam Pengumpulan Data. https://www.kompasiana.com/mtf3lix5tr/penelitian-kualitatif-024-empat-tipe-triangulasi-dalam-pengumpulan-data. (20 Juni 2020).

Utami, T. H. (2018). Pelaksanaan Program Full Day School di SDIT Anak Sholeh Sedayu Kabupaten Bantul. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(6), 687-694.

Widyowati, L. (2014). Pengembangan Kurikulum Terpadu Sistem Full Day School (Studi Multi Kasus Di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang dan SD Terpadu Ma’arif Gunungpring Magelang). [Unpublished thesis]. Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.