PERSEPSI DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP LEMBAGA PAUD SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN UNTUK ANAK USIA DINI (STUDI PADA ORANG TUA DI DESA TRAGUNG KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG)

  • Shohaiva Nugraheni Gedung A2 Lantai 2 FIP Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
  • Fakhruddin Fakhruddin Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: Perception, Participation, Parents, Early Childhood Education, Early Childhood.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan partisipasi orang tua terhadap lembaga PAUD di Desa Tragung Kecamatan Kandeman, serta faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua terhadap lembaga PAUD. Subjek Penelitian dilakukan terhadap 6 orang tua di Desa Tragung Kecamatan Kandeman yang memiliki anak usia 2-4 tahun dan 2 informan, yaitu kepala desa dan tokoh masyarakat. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap pendidikan anak usia dini dan lembaga PAUD masih rendah. Partisipasi orang tua terhadap lembaga PAUD juga masih rendah. Orang tua yang menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD berpartisipasi secara langsung dengan menjadi wali murid, sedangkan orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya di lembaga PAUD tidak berpartisipasi, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dari penelitian ini diketahui faktor yang mempengaruhi partisipasi orang tua terhadap lembaga PAUD sebagai tempat pendidikan anak usia dini yaitu pendidikan/pengetahuan, keadaan ekonomi, lingkungan, dan sosialisasi. Saran yang dapat penulis berikan adalah perlunya sosialisasi tentang pentingnya PAUD kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan orang tua tentang pentingnya pendidikan di usia dini. Selain dari pada itu, perlu adanya peraturan mengenai wajib belajar di usia dini.


The purpose of this research is to know the perceptions of and participation of parents, early childhood education Institute in the village of Tragung, Kandeman, as well as the factors that affect the participation of the parents of early childhood education. This research was conducted against 6 parents in the village of Tragung sub-district of Kandeman who have children aged 2-4 years and 2 informants, the village head and community leaders. This research using qualitative research approaches. The data collection method used is the method of interviewing, observation, and documentation. The validity of the data using triangulation techniques and the use of qualitative data analysis. The results showed that perceptions of parents, early childhood education and early childhood education is still low. The participation of the parents of early childhood educational institutions also remained low. Parents who send children in early childhood education institutions participate directly by becoming caregivers, while parents who did not send his son in early childhood education institutions do not participate, either directly or indirectly. From this research are known factors that affect the participation of the parents of early childhood educational institution, namely education/knowledge, State of the economy, the environment, and socialization. The suggestion that the author can give is the need for the dissemination of the importance of early childhood education to communities to increase knowledge of parents about the importance of education at an early age. In addition, the need for regulation on compulsory education at an early age.

References

Munib, Achmad, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Putri, Dini Wiwik. 2012. Jurnal Persepsi Masyarakat tentang PAUD di Kenagarian Tapan Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Geografi. Padang: PGRI Press.

Santoso, Soegeng. 2002. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Sujud, Aswarni. 2010. DAP dan Paradigma Baru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta : IKIP Press.

Suryani, Lilis. 2007. Analisis Permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Masyarakat Indonesia, Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF-Vol. 2, No.1, 2007.

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES Press.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Martuti, A. 2010. Mendirikan dan Mengelola PAUD. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Kemdikbud. 2013. Memahami Pendidikan Anak Usia Dini. http://paud.kemdikbud.go.id/article/detail/memahami_pendidikan_anak_usia_dini. (diunduh 03/03/2014).

Mariyana, Rita, dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.

Irene, S. 2011. Desentralisasi dan Patisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andini, Krishna Murti Swasti. 2013. Faktor–faktor yang Mempengaruhi Persepsi dan Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Keluarga pada Perumahan Griya Permata Asri 3, Sonorejo, Kabupaten Sukoharjo. http://eprints.uns.ac.id/view/subjects/HM.html. (diunduh pada 11/04/2014).

Published
2014-10-15
How to Cite
Nugraheni, S., & Fakhruddin, F. (2014). PERSEPSI DAN PARTISIPASI ORANG TUA TERHADAP LEMBAGA PAUD SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN UNTUK ANAK USIA DINI (STUDI PADA ORANG TUA DI DESA TRAGUNG KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v3i2.3739
Section
Articles