Proses Pembelajaran Pengolahan Barang Bekas: Studi Sanggar Belajar Keluarga Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peroses Pembelajaran
Pengolahan Barang Bekas Di Sanggar Belajar Keluarga Mahasiswa
FKIP di Desa Sribanding yang meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan
dan hasil. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian berjumlah 6 orang dengan 1 orang pengelola, 2 orang
tutor, dan 3 orang warga belajar dari umur 7 sampai dengan 15 tahun.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa proses pembelajaran dalam pengolahan barang
bekas di bidang keterampilan bagi warga belajar ini bisa mendapatkan
informasi mengenai daur ulang barang bekas menjadi hasil karya yang
indah dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Bahwa warga belajar
yang mengikuti kegiatan tersebut semuanya dapat mengikuti
pembelajaran dengan baik tanpa adanya kesulitan yang mereka hadapi
karena materi dan bahan ajar yang diberikan sesuai dengan tujuan
pembelajaran dan kemampuan mereka.