Proses Pembelajaran Pengolahan Barang Bekas: Studi Sanggar Belajar Keluarga Mahasiswa

  • Sugi Dwi Hartinah Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya Jl.Raya Palembang-Prabumulih Indralaya, Ogan Ilir 30662
  • Didi Tahyudin Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya Jl.Raya Palembang-Prabumulih Indralaya, Ogan Ilir 30662
  • Evy Ratna Kartika Waty Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya Jl.Raya Palembang-Prabumulih Indralaya, Ogan Ilir 30662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peroses Pembelajaran
Pengolahan Barang Bekas Di Sanggar Belajar Keluarga Mahasiswa
FKIP di Desa Sribanding yang meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan
dan hasil. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Subjek penelitian berjumlah 6 orang dengan 1 orang pengelola, 2 orang
tutor, dan 3 orang warga belajar dari umur 7 sampai dengan 15 tahun.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa proses pembelajaran dalam pengolahan barang
bekas di bidang keterampilan bagi warga belajar ini bisa mendapatkan
informasi mengenai daur ulang barang bekas menjadi hasil karya yang
indah dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Bahwa warga belajar
yang mengikuti kegiatan tersebut semuanya dapat mengikuti
pembelajaran dengan baik tanpa adanya kesulitan yang mereka hadapi
karena materi dan bahan ajar yang diberikan sesuai dengan tujuan
pembelajaran dan kemampuan mereka.

Published
2021-12-06
How to Cite
Hartinah, S., Tahyudin, D., & Waty, E. (2021). Proses Pembelajaran Pengolahan Barang Bekas: Studi Sanggar Belajar Keluarga Mahasiswa. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 30-35. https://doi.org/10.15294/jnece.v5i1.38963
Section
Articles