PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (Pelatihan Life Skill Computer di Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Tahun 2015)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pelatihan LSC. 2) Mengetahui kendala dalam pembelajaran pelatihan LSC. 3) Mendeskripsikan cara mengatasi kendala dalam pembelajaran pelatihan LSC di Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara. Pendekatan penelitian kualitatif. Subyek penelitian berjumlah 8 orang yaitu 5 orang warga belajar, 1 orang pengelola pondok pesantren, 1 orang penanggung jawab program pendidikan kecakapan hidup, dan 1 orang instruktur pelatihan. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini : 1) Pelaksanaan pembelajaran ada tiga tahap: a) perencanaan, sudah disesuaikan dengan standart; b) pelaksanaan, ada beberapa aspek yang diteliti diantaranya : media dan kurikulum, pengelolaan warga belajara, perilaku tutor, dan waktu pembelajaran; c) evaluasi, tertulis dan praktek. 2) Hambatan, masalah motivasi belajar dan alokasi waktu yang kurang efektif. 3) Cara mengatasi dengan melakukan pendekatan secara personal dan memberikan motivasi belajar, serta jam tambahan pembelajaran pelatihan LSC.
This study aims to: 1) Describe the implementation of learning LSC training. 2) Knowing the obstacles in learning LSC training. 3) Describe how to overcome the obstacles in learning LSC training in boarding school Salafiyyah Mubtadiin Roudlotul Balekambang Jepara. Qualitative research approach. The subjects included eight members, namely the 5 villagers learn, one person managing the boarding school, one person in charge of life skills education programs, and 1 instructor training. Collecting data through interviews, observation, and documentation. The validity of the data using triangulation and triangulation methods. Data analysis technique is data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The results obtained in this study: 1) Implementation of the learning there are three stages: a) planning, has been adapted to the standard; b) implementation, there are several aspects studied include: the media and the curriculum, management of residents learn some vital lessons, tutors behavior and learning time; c) evaluation, written and practice. 2) Barriers, problems learning motivation and time allocations that are less effective. 3) How to cope with a personal approach and provide the motivation to learn, as well as additional hours of training learning LSC.
References
Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung : Alfabeta.
Buku Profil Pondok Pesantren Salafiyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara. 2015.
Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung : Alfabeta.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rifa’i, Achmad. 2007. Evaluasi Pembelajaran. Semarang : UNNES Press.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang : UNNES Press.
Sutarto, Joko. 2013. Manajemen Pelatihan. Yogyakarta : Deepublish.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.