PROFIL KEPEMIMPINAN PENGELOLA PAUD DALAM KUALITAS LAYANAN DIKELOMPOK BERMAIN (KB) AL MUNA KOTA SEMARANG

  • Yanuar Arisca Putri Jurusan Pendidikan Non-Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Keywords: leadership profile, quality of service, achievement of program

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas layanan program pembelajaran KB AL Muna, mengetahui profil kepemimpinan KB Al Muna, mengetahui tingkat ketercapaian program pembelajaran KB AL Muna.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 5 orang yaitu Kepala Sekolah, staf administrasi, tenaga pendidik dan 2 orangtua peserta didik. Sementara informan berjumlah 1 orang yaitu kepala sekolah KB Al Muna. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa profil kepemimpinan gaya transformasional yang diperankan kepala sekolah Al Muna berhasil mewujudkan kualitas layanan yang baik dan pencapaian tujuan pembelajaran yang didasarkan pada aspek perkembangan anak usia dini. Program pembelajaran KB Al Muna disusun secara terstruktur dimulai dari program tahunan sampai program harian.

This study aimed to describe the quality of the service learning program KB AL Muna, know the profile of the leadership of KB Al Muna, determine the level of achievement of the learning program planning Muna AL.This study used a qualitative approach to data collection technique through interview, observation and documentation. The subjects included 5 persons namely the principal, administrative staff, teachers and two parents of learners. While informants numbering one person is the principal KB Al Muna. The validity of the data using triangulation of sources and methods. Data analysis techniques to the stage of data collection, data reduction, data presentation and conclusion. The study concluded that the profile of transformational leadership style, played the principal of Al Muna managed to realize good quality service and achievement of learning objectives based on aspects of early childhood development. Al Muna KB learning programs are arranged in a structured beginning of the annual program to a daily program

References

Kartono, Kartini. 1982. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP RI) No 19 Tahun 2005. Jakarta: Depdiknas.

Sallis, Edward. 2007. Total Quality Manajemen in Education.London: Kogar.

Sutomo dan Prihatin, Titi. 2012. Manajemen Sekolah. Semarang: UNNES Press

Suyanto, Slamet. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY Press.

Tampubolon, Biatin. D. 2007. Ananlisis Gaya Kepemimpinan dan Faktor Etos Kerja TerhadapKinerja Pegawai pada Orang yang Telah Menerapkan SNI 19-9001-2001. Jurnal standarisasi. No 9. Hal : 106-115.

Thoha, Miftah.2003. Kepemimpinan dalaManajemen Suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: Rajawali Pers.

Tsauri,Sofyan.2007.Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Jember: Center for society studies.

How to Cite
Putri, Y., & Suminar, T. (1). PROFIL KEPEMIMPINAN PENGELOLA PAUD DALAM KUALITAS LAYANAN DIKELOMPOK BERMAIN (KB) AL MUNA KOTA SEMARANG. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.8046
Section
Articles