KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis dengan model investigasi kelompok pada peserta didik kelas VII SMP; (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis dengan model problem based learning pada peserta didik kelas VII SMP; (3) menentukan perbedaan keefektifan antara pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis menggunakan model investigasi kelompok dengan problem based learning pada peserta didik kelas VII SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis pada kelas VII efektif dilakukan dengan model investigasi kelompok. Hasil uji-t data tes awal dan tes akhir pada aspek keterampilan ditemukan bahwa nilai t sebesar -5,561 dengan sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05; (2) Pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis pada kelas VII efektif dilakukan dengan model problem based learning. Hasil uji-t data tes awal dan tes akhir pada aspek keterampilan kelas problem based learning ditemukan bahwa nilai t sebesar -2,171 dengan sig. (2-tailed) 0,037 < 0,05; (3) Pembelajaran menyusun teks eksplanasi secara tertulis pada kelas VII menggunakan model investigasi kelompok lebih efektif daripada menggunakan model problem based learning. Hasil penghitungan uji beda rata-rata pada aspek keterampilan menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,080 > 1,6669), hal ini menunjukkan antara kelas investigasi kelompok dengan kelas problem based learning terdapat perbedaan yang signifikan yaitu pada taraf signifikansi 0,05.
Kata Kunci: Menyusun teks eksplanasi; model investigasi kelompok; model problem based learning
AbstractThis study aims: (1) to find out the effectiveness of learning in composing explanation text in writing with a group investigation model in class VII SMP students; (2) knowing the effectiveness of learning in composing explanation text in writing with a problem based learning model in class VII SMP students; (3) determine the difference in effectiveness between learning to compose explanation text in writing using a group investigation model with problem based learning in class VII SMP students. The results of the study show that (1) Learning to compose explanation text in writing in class VII is effectively done by the group investigation model. The results of the t-test of the initial test and final test data on the skill aspect found that the t value is -5.561 with sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05; (2) Learning to compose explanation text in writing in class VII is effectively done with a problem based learning model. The results of the t-test of the initial test and final test data on the skill aspect found that the t value is -2.171 with sig. (2-tailed) 0.037 < 0.05; (3) Learning to compose explanation text in writing in class VII using a group investigation model is more effective than using a problem based learning model. The calculation results of the average difference test on the skill aspect show that tcount > ttable (2.080 > 1.6669), this shows that there is a significant difference between the group investigation class and the problem based learning class at the 0.05 significance level.
Keywords: compose explanation text in writing; group investigation model; problem based learning model