PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL PIANIKA DI SMP NEGERI 36 SEMARANG

Main Article Content

Yuniar Eka Damayanti
Totok Sumaryanto Florentinus

Abstract

Ansambel pianika merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang paling populer di SMP 36 Semarang. Seringkali kita menjumpai sekolah yang dalam kegiatan upacara benderanya selalu diiringi dengan tim paduan suara namun berbeda dengan sekolah ini. SMP N 36 Semarang mempercayakan kepada tim ekstrakurikuler ansambel pianika untuk mengiringi jalannya upacara tersebut. Selain itu, ekstrakurikuler amsambel pianika juga eksis mengisi acara-acara yang diadakan oleh sekolah seperti acara HUT sekolah, perpisahan, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan hubungan, pengaruh serta mengetahui dan mendeskripsikan seberapa besar dukungan kemampuan membaca notasi terhadap hasil belajar ekstrakurikuler ansambel pianika di SMP Negeri 36 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif (regresi linier sederhana dan korelasi product moment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca notasi berpengaruh terhadap hasil belajar ekstrakurikuler ansambel pianika siswa SMP Negeri 36 Semarang. Kontribusi pengaruh dalam penelitian ini adalah sebesar 73,6%, sedangkan 26,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hubungan dan pengaruh antara kemampuan membaca notasi terhadap hasil belajar ekstrakurikuler ansambel pianika di SMP Negeri 36 Semarang tahun ajaran 2016-2017, serta besar kontribusi pengaruh yaitu 73,6% sehingga berpengaruh signifikan.


Pianika ensemble is the most popular extracurricular activity in SMP 36 Semarang. Mostly, we find in the school’s flag ceremonial activities students always accompanied by a choir team but it rather than different from this school. SMP N 36 Semarang entrusted to the extracurricular team of the pianika ensemble to accompany the ceremony. On the other side, extracurricular ensemble pianika also exist to fill some events which held by schools such as school anniversary events, separation, and so forth. This study aims to know and describe how much the support ability to read notation towards learning outcomes of pianika ensemble extracurricular in SMP Negeri 36 Semarang.This research use quantitative research design (simple linear regression and correlation product moment). The results showed that the ability to read notation has an effect on the extracurricular learning result of pianika ensemble of students of SMP Negeri 36 Semarang. Influence contributions in this study was73.6%, while 26.4% are influenced by other factors. The conclusion of this study is that the relationship and influence between the ability to read the notation on learning outcomes extracurricular ensembles pianika in SMP 36 Semarang academic year 2016-2017, with the influence contribution about 73.6% means that it was give significant effect.

Article Details

How to Cite
Damayanti, Y., & Florentinus, T. (2018). PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL PIANIKA DI SMP NEGERI 36 SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 6(2). https://doi.org/10.15294/jsm.v6i2.17935
Section
Articles