PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 27 SEMARANG

Main Article Content

zakaria isnain
Totok Sumaryanto Florentinus

Abstract

ABSTRAK

Zakaria Isnain (NIM. 2501415074). Pengaruh Kecerdasan Emosi terhadap Hasil Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 27 Semarang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Dosen Pembimbing I: Prof. Dr. Totok Sumaryanto Florentinus, M.Pd.


Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Hasil Belajar, Seni Musik


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kecerdasan emosi terhadap hasil pembelajaran seni musik; (2) pengaruh antara kecerdasan emosi terhadap hasil belajar seni musik; dan (3) kontribusi antara kecerdasan emosi dengan hasil pembelajaran seni musik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 27 Semarang yang dilaksanakan pada bulan November – Desember 2019. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII H sejumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan non eksperimen (ex-post de facto). Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan berupa pernyataan tiap butir soal. Dokumentasi berupa nilai ulangan harian siswa kelas VII H. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi, regresi linier sederhana dan determinasi.Hasil uji determinasi dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosi terhadap hasil belajar seni musik di SMP Negeri 27 Semarang sebesar 23,57 %.Saran: (1) Bagi siswa, hendaknya dapat memahami emosi sehingga dapat mengontrol emosi dan  memotivasi diri dalam belajar agar dapat meraih hasil belajar dengan maksimal, (2) Bagi Guru, hendaknya guru senantiasa memperhatikan kecerdasan emosi siswa sehingga siswa sadar akan potensi yang mereka miliki, (3) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian yang dapat mempengaruhi hasil belajar selain kecerdasan emosi.


 

Article Details

How to Cite
isnain, zakaria, & Florentinus, T. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 27 SEMARANG. Jurnal Seni Musik, 8(2), 83-88. https://doi.org/10.15294/jsm.v8i2.28378
Section
Articles