SURVEI ANTUSIASME DAN KETERTARIKAN MASYARAKAT DALAM BERSEPEDA DI KOTA SEMARANG

  • Saka Surya Surojo Universitas PGRI Semarang
  • fajar widiyatmoko universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang
Keywords: Antusiasme, Ketertarikan, Bersepeda Dimasa Pandemi

Abstract

Abstrak

Penelitan ini adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empirik tentang antusias dan ketertarikan masyarakat dalam bersepeda di Kota Semarang. Populasi semua orang yang mengikuti aktivitas bersepeda di Kota Semarang pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling.  Instrumen tes menggunakan angket atau kuisioner. Hasil mengenai antusiasme dan ketertarikan masyarakat dalam bersepeda di Kota Semarang yang menunjukan kategori sangat tinggi berjumlah 10 orang atau 10% dari jumlah total, untuk kategoi tinggi berjumlah 11 orang atau 11%, untuk kategori sedang berjumlah 50 orang atau 50% hasil tersebut merupakan hasil terbanyak sedangkan untuk hasil kategori rendah berjumlah 26 orang atau 26% dan kategori sangat rendah berjumlah 3 orang atau 3%. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa antusiasme dan ketertarikan masyarakat dalam bersepeda di Kota Semarangdapat dikatakan sedang dengan jumlah 50%.Simpulan dari penelitian mengenai antusiasme dan ketertarikan masyarakat dalam bersepeda di Kota Semarang dapat dikatakan sedang dengan jumlah 50%. Saran bagi masyarakat yang bersepeda untuk lebih memperhatikan protokol kesehatan pada saat melakukan olahraga bersepeda.

Abstract

This research is a quantitative descriptive study. The purpose of this study is to find out empirically about public interest and interest in cycling in the city of Semarang. The population of all people who participate in cycling activities in the city of Semarang is sampling using a random sampling technique. The test instrument uses a questionnaire or questionnaire.The results regarding the enthusiasm and interest of the community in cycling in the city of Semarang which show the very high category are 10 people or 10% of the total number, for the high category there are 11 people or 11%, for the medium category there are 50 people or 50%. while the results for the low category are 26 people or 26% and the very low category are 3 people or 3%. These results can be interpreted that the enthusiasm and interest of the community in cycling in the city of Semarang can be said to be moderate with a total of 50%.The conclusions from the research regarding the enthusiasm and interest of the community in cycling in the city of Semarang can be said to be moderate with the amount of 50%. Suggestions for people who cycle to pay more attention to health protocols when doing cycling sport.

 

References

Adib. (2022). Asal Usul Nama Tanjakan Luna Maya, Jalan Favorit Pegowes Kota Semarang. Ayosemarang.Com.

Chris Carmichael. (2003). Bugar dengan Bersepeda.

Deniati, E. N., & Annisaa, A. (2021). Hubungan Tren Bersepeda dimasa Pandemi Covid-19 dengan Imunitas Tubuh Lansia. Sport Science and Health, 3(3), 125–132.

Destrianne, N. (2009). Arahan Desain Jalur Lalu Lintas Yang Aman Bagi Pengendara Sepeda (Studi Kasus: Pekerja Bersepeda di Jalan Raya Kaligawe Semarang). Diponegoro University.

Hadi, F. K. (2020). Aktivitas olahraga bersepeda masyarakat di Kabupaten Malang pada masa pandemi COVID-19. Sport Science and Education Journal, 1(2).

Hijrin Fitroni. (2021). Fenomena Peningkatan Motivasi Bersepeda Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 6(1), 109–118.

Jamroni. (2021). Bantuan Hidup Dasar pada Komunitas Bersepeda (Gowes) Dimasa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(September), 207–212. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM

Kurniawan, F. (2019). E-sport dalam fenomena olahraga kekinian. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 15(2), 61–66.

Morgan, H., Parker, A., Meek, R., & Cryer, J. (2020). Participation in sport as a mechanism to transform the lives of young people within the criminal justice system: an academic exploration of a theory of change. Sport, Education and Society, 25(8), 917–930.

Nurcahyo, D., Nugraha, A., & Haniah, H. (2016). Aplikasi Sistem Informasi Geografis Jalur Kondusif Bersepeda Di Kota Semarang Berbasis Web. Jurnal Geodesi Undip, 5(2), 190–199.

Nurrahmah, K., Safitri, R., Sumiati, S., & Fitriani, P. D. (2021). Tren Keluarga Bersepeda di Era New Normal. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(2), 106–118. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i2.11671

Priambodo, R. P. P., Kahar, S., & Haniah. (2015). Pembuatan Peta Jalur Kondusif Bersepeda Kota Semarang. Jurnal Geodesi Undip, 4(2), 131–138.

Rahmawati, M., & Rumini, R. (2020). Minat, Motivasi dan Kesadaran Hidup Sehat Masyarakat Dalam Olahraga Rekreasi Car free Day di Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(2), 574-â.

Ramadhan, M. G., Ma’mun, A., & Mahendra, A. (2020). Implementasi Kebijakan Olahraga Pendidikan sebagai Upaya Pembangunan Melalui Olahraga Berdasarkan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 5(1), 69–80.



Romadhon, S. A., & Rustiadi, T. (2016). Motivasi dan Minat Masyarakat Dalam Berolahraga Sepeda di Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2), 1613–1620. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Utomo, A. W. (2020). Upaya bersepeda sebagai modal transportasi serta gaya hidup baru menjaga kebugaran jasmani. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 118–126. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENFIKS/article/view/1688/1445

Windarwati, D. (2014). Antusiasme dan ketertarikan masyarakat dalam mengikuti aktivitas car free day di kota semarang. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 3(4).
Published
2022-09-12
How to Cite
Surojo, S. S., widiyatmoko, fajar, & Kresnapati, P. (2022). SURVEI ANTUSIASME DAN KETERTARIKAN MASYARAKAT DALAM BERSEPEDA DI KOTA SEMARANG. Journal of Sport Science and Fitness, 8(1), 63-68. https://doi.org/10.15294/jssf.v8i1.58379