IDENTIFIKASI PERSONALITY ATLET SELAM KOTA SEMARANG MELALUI MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR

  • Sungkowo Sungkowo Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Adiska Rani Ditya Candra Universitas Negeri Semarang
  • Margono Margono Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Priyanto Priyanto Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Rizam Ahada Nur Ulinnuha Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Febriana Wahyu Wijayanti Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Performa Atlet, Personality, Mental Training

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui personality atau karakteristik atlet selam, Karakteristik atlet yang dimaksud adalah karakter pribadi individu yang khas dari masing-masing atlet pada suasana tingkah laku yang ditandai oleh pengaruh negatif dan gejala ketegangan jasmani. Metode menggunakan deskriptif kuantitaif dengan pengumpulan data menggunakan test MBTI (myers briggs type indicator ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa personality tiap atlet berbeda beda hasilnya. kategory ESTJ ada 3 atlet, sedangkan kategori lain masing-masing berjumlah 1 atlet yakni: ESKP, ESTP, ENTP, ISFP serta dua atlet lainnya memiliki kategori ISTJ. Atlet yang mempunyai sikap mudah beradaptasi dengan lingkungan ada 6 atlet, sedangkan dengan  sikap tertutup, kurang bersosial dengan dengan teman sekitar atau berkarakter introvet ada 3 atlet. Simpulan dalam penelitian mengindikasikan bahwa para atlet harus  mengetahui kepribadian nya dan pelatih di harapakan dapat memberikan solusi yang baik jika atlet mempunyai sikap kepribadian yang kurang baik, kurang berdaptasi/bersosial.

References

Bompa, T., & Buzzichelli, C. (2021). Periodization of Strength Training for Sports. Human Kinetics. Fourth edition. Human Kinetics.
Debra Pearce. (2012). The Identification of a Common Personality Typology in Elite College Female Tennis Players Using the Myers-Briggs Type Indicator. Экономика Региона.
Foundation, M. B. (2016). Myers Briggs Foundation, “The Myers & Briggs Foundation - MBTI® Basics,” The Myers & Briggs Foundation, 2016. [Online]. Available: http://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality- type/mbti-basics/home.htm?bhcp=1%0Ahttp://www.myersbriggs.org/my- mbti-p.
Geri, S. (2014). Comparing Political Skills in terms of Personality Types: A Research on Students in Individual or Team Sports. International Online Journal of Educational Sciences, 6(3), 533–543. https://doi.org/10.15345/iojes.2014.03.003
Hashemian, M. (2018). A STU DY OF L2 LEARNERS ’ METAPHORICAL COMPETENCE AND PERSONALITY TYPES : A CASE OF THINKING / FEELING VS . JUDGING / PERCEIVING. 1(2).
Kusuma, D. W. Y., & Akhiruyanto, A. (2019). Talent Identification for Students in Pekalongan and Magelang, Indonesia: Psychological Approach. 362(Acpes), 36–41. https://doi.org/10.2991/acpes-19.2019.8
Kusuma, D. W. Y., Raharjo, H. P., & Mugiyo, H. (2018). Personality Profiles Using Mbti Test For Sport Talent Identification For Students. 12(Isphe), 168–171. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.39
Kroeger O. and Thuesen J.M. (1992) Type Talk at Work, New York, Delacorte Press
Lower, L. M., Newman, T. J., & Anderson-Butcher, D. (2017). Validity and Reliability of the Teamwork Scale for Youth. Research on Social Work Practice, 27(6), 716–725. https://doi.org/10.1177/1049731515589614
Mallari, S. D. C., & Pelayo, J. M. G. (2017). Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) Personality Profiling and General Weighted Average (GWA) of Nursing Students. ACAP Center, October, 1–11.
Okike, E. U., & Amoo, O. A. (2014). Problem Solving and Decision Making: Consideration of Individual Differences in Computer Programming Skills Using Myers Briggs Type Indicator (MBTI) and Chidamber and Kemerer Java Metrics (CKJM). Journal of Applied Information Science and Technology, 7(1), 27–34.
Raharjo, H. P., Kusuma, D. W. Y., & Mugiyo, H. (2018). Personality Characteristics In Individual And Team Sports. 12(Isphe), 92–95. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.20
Schweda Nicholson, N. (2005). Personality characteristics of interpreter trainees: The Myers-Briggs type indicator (MBTI).
Scientific, T., Review, I., & Xvi, V. (2018). of the Air Force Academy. XVI(1), 1–99. https://doi.org/10.19062/1842-9238.2018.16.1
Scott A. Riewald, S. A. R. (2015). Science of Swimming Faster. In Science of Swimming Faster. Human Kinetics. https://doi.org/10.5040/9781492595854
Setiawati, F. A., Triyanto, A., & Gunawan, N. E. (2016). Implementasi Mbti Untuk Pengembangan Karir Mahasiswa: Studi Perbedaan Tipe Kepribadian Pada Mahasiswa Bimbingan Konseling. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8272
Soleimani, N., Nagahi, M., Nagahisarchoghaei, M., & Jaradat, R. (2018). The Relationship between Personality Types and the Cognitive - Metacognitive Strategies. Journal of Studies in Education, 8(2), 29. https://doi.org/10.5296/jse.v8i2.12767
Published
2023-08-29
How to Cite
Sungkowo, S., Candra, A., Margono, M., Priyanto, P., Ulinnuha, R., & Wijayanti, F. (2023). IDENTIFIKASI PERSONALITY ATLET SELAM KOTA SEMARANG MELALUI MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR. Journal of Sport Science and Fitness, 9(1), 11-17. https://doi.org/10.15294/jssf.v9i1.62580