Rumah Basudewo sebagai Inovasi Peningkatan Minat Baca dan Kepekaan Budaya Lokal dikalangan Anak-Anak Basudewo House as an Innovation to Increase Reading Interest and Local Culture Sensitivity among Children

Main Article Content

Cahyo Yuwono
Ani Setiyani
Zaki Aidina Zaen

Abstract

Permasalahan literasi di Indonesia merupakan permasalahan inti yang dihadapi di dunia pendidikan baik itu ditingkat kota maupun desa. Tanpa terkecuali desa wonolopo, terlebih perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi tatanan sosial masyarakat. Salah satu media elektronik yang berpengaruh besar terhadap perkembangan sosial masyarakat yaitu gawai.  Melalui gawai, masyarakat khususnya anak-anak dapat mengakses situs-situs online tanpa adanya pengawasan. Selain itu, anak-anak cenderung lebih sering bermain gawai dari pada berkomunikasi atau berkontak secara fisik. Hal ini juga berdampak pada minat baca anak-anak yang menurun dan kurang peka terhadap kesenian lokal. Berdasarkan observasi lapangan yang telah dilakukan oleh penulis, bahwa permasalahan ini juga terjadi di masyarakat Wonolopo khususnya dilingkungan anak-anak. Berangkat dari permasalahan tersebut, pada pengabdian kami memberikan solusi melalui program kerja rumah baca dan seni. Melalui metode penyadaran terhadap suatu masalah untuk mendapatkan jabaran mengenai permasalahan yang terjadi. Kemudian langkah penyadaran  yakni  adanya upaya pelestararian kesenian lokal serta pengenalan budaya membaca sejak dini. Dalam pelaksanaan program kerja anak-anak antusias dan proaktif terhadap kegiatan ini. Sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik. Bentuk dari kegiatan ini yaitu penyadaran, pengenalan, pelestarian budaya membaca dan kesenian lokal guna mengurangi ketergantungan gawai di lingkungan anak-anak

Article Details

How to Cite
Yuwono, Cahyo, Ani Setiyani, and Zaki Aidina Zaen. 2021. “Rumah Basudewo Sebagai Inovasi Peningkatan Minat Baca Dan Kepekaan Budaya Lokal Dikalangan Anak-Anak”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 3 (2), 32-37. https://doi.org/10.15294/panjar.v3i2.52957.
Section
Articles

References

CSU.Edu. 2016. World's Most Literate Nations Ranked. https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data. Diakses pada tanggal 3 Maret 2020 pukul 22.10 WIB.

CNN Indonesia. 2018. Minat Baca Masyarakat Indonesia Masih Rendah. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180326160959-282-285982/minat-baca-masyarakat-indonesia-masih-rendah. Diakses pada tanggal 3 Maret 2020 pukul 21.45 WIB.

Permatasari, Ane. 2015. Makalah: Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015

Renitasari, Silvia. 2016. Strategi Peningkatan Minat Baca Masyarakat Dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sleman). Skripsi. Program pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Warsihna, Jaka. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Pusat kurikulum dan perbukuan, kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Suminar, Tri, Emmy Budiartati, Mintarsih Arbarini, Utsman Utsman, and Fatin Salsabila Imtinan. 2020. “Pelatihan Bagi Tutor Homeschooling: Model Pendidikan Karakter Berbasis Etnopedagogik Untuk Pengembangan Kecakapan Personal Dan Sosial Di Homeschooling Primagama Kota Semarang”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 2 (1), 14-19. https://doi.org/10.15294/panjar.v2i1.35576.

Wijayati, Putri, Andy Suryadi, and Nyenyep Parasetyo. 2019. “Pemanfaatan Program Colour Note Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Sebagai Upaya Mendukung Budaya Literasi Bagi Guru Sejarah SMA Kabupaten Semarang”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (2), 163-66. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29728.