EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH DENGAN PENDEKATAN SAVI MATERI SISTEM GERAK DI SMAN 1 KAJEN
Abstract
The purpose of this research was to determine the effectiveness of macromedia flash utilization with SAVI approaches to teach human movement system at SMAN 1 Kajen. The macromedia was not only used by the teachers for verbal communication but also for performing images, and animation. SAVI approaches aimed to support the students’ learning because it combined the physical and intelectual activities. The research design was a one shot case study. The samples of the research consisted of two classes. The results of the research showed that > 75 % of the students could achieve the minimum standard of learning achievement (KKM) and > 75% of the students were really active in their learning process, and both the students and their teachers gave the possitive responses. The conclusion was that macromedia flash with SAVI approaches were effective to be used for teaching the human movement system at SMAN 1 Kajen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan macromedia flash dengan pendekatan SAVI pada materi sistem gerak di SMA N I Kajen Pekalongan. Pemanfaatan macromedia flash, selain dapat melakukan komunikasi verbal, pada saat bersamaan guru mampu menyajikan teks, gambar, video, suara dan animasi. Pendekatan SAVI (somatic auditory visualization intelectually) akan membantu siswa agar memperoleh hasil belajar yang optimal karena menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual. Penelitian ini adalah penelitian one shot case study. Sampel penelitian terdiri atas 2 kelas. Data penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas siswa, tanggapan siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa >75% siswa hasil belajarnya mencapai KKM dan >75% siswa sangat aktif dalam pembelajaran. Siswa dan guru memberikan tanggapan positif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan macromedia flash dengan pendekatan SAVI efektif diterapkan pada materi sistem gerak di SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan.
References
Cheryl F, Bronson D, Ownbey S, Cao H & Starr C. 2005. Multimedia and Problem Based Instruction in Textile Laboratory. Clothing & Textile Research Journal 23 (4): 360-367.
De porter B dan Hernacki. 2006. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Gunawan A W. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Herdian. 2009. Model Pembelajaran SAVI. On line at http://tahugezrot.blogspot.com [diakses tanggal 14 Mei 2011].
Hermon D dan Dalim Y. 2005. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kreatifitas Belajar. Jurnal Pembelajaran 28 (3): 266-276.
Kuswardani R.A. 2010. Pemanfaatan Media Animasi Gambar Konsep Digesti dengan Pembelajaran Tipe STAD pada Siswa Kelas XI IPA SMA N 2 Magelang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Meier D. 2005. The Accelerated Learning. Bandung: Mizan Pustaka.
Milawati T. 2011. Peningkatan kemampuan anak memahami drama dan menulis teks drama melalui model pembelajaran somatis auditori visual intelektual (SAVI). Jurnal penelitian pendidikan 14(2): 70-78. On line at http://www.cengage.com [diakses tanggal 27 Maret 2011].
Mulyasa E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riastuti D. 2006. Pengembangan Computer-Assisted Instruction (CAI) Untuk Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 1: 69-84.
Sewell R, Stevens R, & David J. A. Lewis. 1995. Multimedia Computer Technology as a Tool for Teaching and Assessment of Biological Science. Journal of Biological Education 29 (4): 27-32.
Suciadi A.S. 2003. Menguasai Pembuatan Animasi Dengan Flash. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.