PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X

  • Fitria Ningsih Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Amin Retnoningsih Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Andreas Priyono Budi Prasetyo Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Keywords: Biodiversity, Entrepreneurial interest, Practicum module, student’s achievement

Abstract

This study was aimed at developing and determining the effect of the implementation of the entrepreneur-based practicum module on student’s achievement and entrepreneurial interest. This research was Research and Development with pretest-posttest nonequivalent control group design on X.9(experimental group) and X.10( control group). The subject studied was biodiversity. Sample was collected by a convenience sampling technique. Data were analyzed by t-test and simple linear regression test. The findings showed that the implementation of the entrepreneur-based practicum module were high (score 6). T-test result showed that there was a significant difference between both group (tcount>ttable). Simple linear regression test showed that the implementation of  the entrepreneur-based practicum module brought a significant effect on student’s achievement (probability sig.<0.05; r square 0,769). Simple linear regression test indicated that there was an effect of implementation of the entrepreneur-based practicum module on student’s entrepreneurial interest (probability sig.<0.05; r Square 0,814). Correlation test showed that strong correlation between student’s entrepreneurial interest and achievement about 82,2% (probability sig.<0.05). The conclusion of this research was that the implementation of the entrepreneur-based practicum module had a significant effect on student’s achivement and entrepreneurial interest..

 

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji pengaruh modul praktikum berbasis kewirausahaan terhadap hasil belajar dan minat wirausaha siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan pola pretest-posttest nonequivalent control group design pada kelas X.9 (kelas eksperimen) dan X.10 (kelas kontrol) pada materi keanekaragaman hayati. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling.

Data penelitian berupa pengaruh penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan dengan minat wirausaha siswa. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dengan uji t dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan tergolong tinggi (skor 6). Hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (thitung>ttabel). Uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan berpengaruh terhadap nilai hasil belajar (nilai sig.<0.05; r Square 0,769). Uji regresi linier sederhana mengindikasikan bahwa ada pengaruh penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan dengan minat wirausaha siswa (nilai sig.<0.05; r Square 0,814). Uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara minat wirausaha dan hasil belajar siswa sebesar 82,2% (nilai sig.<0.05). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan modul praktikum berbasis kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan minat wirausaha siswa.

Author Biographies

Fitria Ningsih, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Amin Retnoningsih, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia 
Andreas Priyono Budi Prasetyo, Gedung D6 Lt.1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia 

References

Akpomi, M.E. 2009. Achieving millenium development goals (MDGs) through teaching entrepreneurship education in Nigeria Higher Education Institutions (HEIs). European Journal of Social Sciences. 8 (1): 152-159

Anonim. 2010. Kabupaten Kudus dalam Angka Tahun 2010. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus, Kudus

Brickman, P., Gormally, C., Armstrong, N. & Hallar, B. 2009. Effect of inquiry-based learning on student’s science literacy skills and confidence. International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning. 3 (2): 1-22

Cahyana, A. 2010. Upaya peningkatan mutu sekolah melalui otonomi satuan pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16 (2): 11

Dewi, E.R.S., Sumarno, & Prasetiyo. 2011. Pengembangan model pembelajaran berperspektif kewirausahaan. Bioma. 1 (2): 153-160

Fasko, D. 2000. Education and creativity. Creativity Research Journal. 13 (3): 317-327

Fu’adi, I.F., Eko, B. & Murdani. 2009. Hubungan minat berwirausaha dengan prestasi praktik kerja industri siswa kelas XII teknik otomotif SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal tahun ajaran 2008/2009. Jurnal PTM. 9 (2): 92-98

Hamdu ,G. & Agustina, L. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (1): 90-96

Hayat, M.S. 2011. Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah siswa. Bioma. 1 (2): 141-152

Jayadianta, A.K. 2010. Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang peristiwa benda padat dalam air melalui kegiatan praktikum. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia, Sumedang

Komariyah, M. & Pramudiyanti. 2008. Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kendalanya pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 13 dan 17 Bandar Lampung tahun pelajaran 2006/2007. JPMIPA. 9 (1): 1-6

Kuip, I.V.D. & Verheul, I. 2003. Early development of entrepreneurial qualities: the role of initial education. EIM Bussines and Policy Research, Zootermeer

Mardana, I.B. 2008. Implementasi modul praktikum berbasis ICT dengan siklus belajar experential untuk meningkatkan penguasaan konsep dan literasi ICT siswa kelas XIIA SMAN I Sukasada. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. (2): 255-270

Megawangi, R. 2012. Tantangan besar pendidikan kita. Kompas. Jakarta 15 Oktober 2012 online at http://edukasi.kompas.com/

Permendiknas. 2006. Standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Jakarta

-----------------. 2006. Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Jakarta

Purnamawati. 2011. Peningkatan kemampuan melalui pelatihan berbasis kompetensi (competency-based training) sebagai suatu proses pengembangan pendidikan vokasi. Jurnal MEDTEK. 3 (2): 1-13

Purwinarti, T. & Ninggarwati, S.E.L. 2006. Faktor pendorong minat untuk berwirausaha (studi lapangan terhadap mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta). Jurnal Ekonomi & Bisnis. 5 (1): 39-46

Puslitbang. 2007. Kajian Standar Isi Pendidikan Menengah (SMA). Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Jakarta

Rohmat, H. 2010. Impresi moderasi jalur pembelajaran dengan proses belajar kewirausahaan terhadap persepsi keberhasilan usahawan Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16 (2): 13

Sapriati, A. 2006. Pengembangan instrumen penilaian praktikum fotosintesis. Jurnal Pendidikan. 7 (1): 1-11

Shane, S., Locke, E.A. & Collins, C.J. 2003. Entrepreneurial motivation. Human Resource Management Review. 13: 257-279

Simalango, A.N. & Muchtar, Z. 2008. Pengaruh pemakaian metode praktikum terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 3 (1): 29-34

Tella, A. 2007. The impact of motivation on student’s academic achievement and learning outcames in mathematics among secondary school students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 3 (2): 149-156

Wardani, S. 2008. Pengembangan keterampilan proses sains dalam pembelajaran kromatografi lapis tipis melalui praktikum skala mikro. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2 (2): 317-322

Published
2013-09-05
Section
Articles