PERAN MEDIA ANIMASI DENGAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

  • Sekar Dwi Ardianti Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Wulan Christijanti Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Pramesti Dewi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Animation media, Organization of life material, Time token metod

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media, metode dan interaksinya terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Randomized Factorial Design 2x2 yang dilaksanakan pada kelas VII di SMPN 1 Sluke. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis media dan metode serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar yang dicapai kelas perlakuan I, II, III, dan IV masing-masing yaitu 60,4; 68,2;68,9 dan 70,7. Hasil uji ANAVA menunjukkan media, metode dan interaksinya berpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa dan uji lanjut LSD menunjukkan bahwa
media animasi berpengaruh lebih baik daripada charta, metode Time Token berpengaruh lebih baik daripada diskusi, dan interaksi media animasi dan metode Time Token memberikan pengaruh yang paling baik terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi organisasi kehidupan.

The purpose of this study was to evaluate the influence of media, methods, and their interaction towards activities and learning outcome. This study is an experimental research with
Randomized Factorial Design 2x2 conducted in class VII at SMP N 1 Sluke. The independent variables in this study are the type of media and the methods and dependent variable is the learning outcomes of students. The average grade of learning outcomes that achieved by treatment class I, II, III, and IV respectively are 60.4: 68.2: 68.9 and 70.7. The ANAVA test results showed that the media, methods,and their interaction give real effect on learning outcomes and further test by LSD showed that the animation media give better effect than the chart; Time Token method give better effect than a discussion; and the interaction animation media with Time Token method gives best effect towards activities and student learning outcomes of The Organization of Life material in SMP N 1 Sluke.

References

Betts, J. D. 2006. Multimedia arts learning in an activity

system: New literacies for at risk children. International Journal of Education & the Art. Vol 7(7): 1-43. On line at http://ijea.asu.edu/ v7n7/ [ diakses tanggal 18 Juli 2011]

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka

Cipta.

Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra

Aditya Bakti.

Hamzah, R & Isa, K.M.D. 2010. The Efectiveness of Interactive Multimedia Courseware in Developing Students Self -Enlightening Level. Journal of Technology. Vol 52: 29-43.

Kulasekara, G.U & Jayatilleke, B.G. 2008. Designing Interface for Interactive Multimedia Learner Perceptions on the Design Features. AAOU Journal. Vol 3 (2): 83-98.

Kwastuti. 2010. Meningkatkan Ketrampilan mengemukakan Pendapat Siswa melalui Metode

Time Token pada Pembelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 01 Gantiwarno Kecamatan Matesih Tahun Ajaran 2009/2010 (Skripsi). Surakarta: UMS. On line at http://etd.eprints.ums.ac.id/8751/1/A51007 0487.pdf [diakses tanggal 06 Januari 2011]

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)