PERAN RECIPROCAL TEACHING KOMIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Sulasfiana Alfi Raida Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ari Yuniastuti Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Pramesti Dewi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Comics media learning, outcome reciprocal teaching, student learning motivitation

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Reciprocal teaching dengan media komik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia di SMA Negeri 3 Salatiga. Sampel yang digunakan adalah kelas XI-IA4 dan XI-IA5 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan desain penelitian One Shoot Case Study. Data yang diperoleh berupa
motivasi dan hasil belajar siswa, serta tanggapan siswa dan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh motivasi belajar siswa termasuk kriteria baik dengan prosentase kelas XI-IA4 dan XI-IA5 sebesar 75,82% dan 75,56%. Rata-rata hasil belajar siswa kelas XI-IA4 dan kelas XI-IA5 adalah 82,78 dan 78,83. Tanggapan siswa menunjukkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran, sebesar 91,06% dan 90,27%. Selain itu, guru juga  memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah, pendekatan Reciprocal teaching dengan media komik efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia di SMA Negeri 3 Salatiga.

 

The purpose of this study was to determine the effectiveness of Reciprocal Teaching Approach using Comics Media toward students learning motivation and learning outcomes in the Human Respiratory System materials at SMA Negeri 3 Salatiga. The sample used are XI-IA 4 and XI-IA 5 classes that are taken using Purposive Sampling Technique are conducted by, One Shoot Case Study. The data obtained are the students learning motivation and outcomes, and the responses of the teachers and students toward the learning it self. The students learning motivation, classify in good criteria which are 75.82% for XI-IA 4 and 75.56% for XI-IA 5. The average of the students’ learning outcomes of XI-IA for and XI-IA 5 classes are 82.78% and 78.83%. The respons of the students show their interesting in learning, for class XI-IA 4 an XI-IA 5 are 91.06% and 90.27%. The teacher also gives positive respons toward the learning. It can be concluded that Reciprocal Teaching Approach using Comics Media are
effective toward students learning motivation and learning outcomes on Human Respiratory System in SMA Negeri 3 Salatiga.

References

Dolittle, P.E. 2006. Reciprocal teaching for Reading Comprehension in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education 17(2): 106-118.

Falentina, A.R. 2008. Efektifitas Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMP N 8 Semarang (Skripsi). Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Fitria, R. 2010. Komik Sebagai Media Permbelajaran. On line at http://id.wordpress. com [diunduh tanggal 4 Oktober 2010].

Nur, M. 2004. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat

Sains dan Matematika Sekolah Universitas N Surabaya.

Rosyid, D.M & Ibrahim, M. 2008. Reciprocal teaching? On line at http: //id.wordpress. com [diunduh tanggal 9 Mei 2011].

Rota, G dan Izquierdo, J. 2003. Comics as a tool for teaching biotechnology in primary schools. Electronic Journal of Biotechnology version. Brasil: On line at http:// [email protected] [ diunduh tanggal 04 Oktober 2010].

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N & Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruk-tivistik. Jakarta: Prestasi.

Section
Articles