PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Sri Khanifah Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Krispinus Kedati Pukan Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Sukaesih Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Human classification, Result of study, School environment as source of learning

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII-B yang memiliki hasil belajar lebih rendah dari pada kelas VII-A. Data yang  diperoleh dari penelitian yaitu data hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, tanggapan siswa, tanggapan guru dan jurnal penelitian. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa dari siklus I sampai siklus III, hasil belajar siswa untuk tiga aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik) mengalami peningkatan yang signifikan.  Pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar melalui penemuan dan pengalaman  secara langsung terhadap obyek dan fenomena biologi, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup.


The aim of this research is to improve a result of study to the students at classification of human with exploiting the  environmental of school as source of learning. This research  represents of class action executed in three cycles, where every cycle consists of a planning phase, action, perception and reflection. The sample of this research is class VII-B  which taken from consideration of a result study is lower than class VII-A. Data are taken from the result of study in  cognate student aspect, affection and psycomotoric, students’  response, teacher responses and also the journal research during study process. The result of this research shows that from cycle I to cycle III, the result of study improved which significant to exploiting of school environmental as source of learning. Based on the result of research can be concluded
that exploiting of school environmental as source of learning can improve the result of study to the students at items of human classification.

References

Darsono, M. , A Sugandhi, Martensi, RK Sutadi & Nugroho. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Saptono, S. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang : FMIPA UNNES.

Sudjana & A. Rifai. 2000. Sumber Belajar dan Alat Pelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, M. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Warsito, B. 2008. Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik. Vol XII (01).

Yunanto, Sri Joko. 2004. Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: Grasindo.

Section
Articles