PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBAHASA INGGRIS MATERI VERTEBRATA SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARANDI SMA

  • Tri Novana Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Andreas Priyono Budi P Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sri Sukaesih Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Development, English interactive multimedia, Vertebrate

Abstract

Multimedia Interaktif pada Vertebrata dikembangkan sebagai pelengkap dan atau suplemen untuk studi Vertebrata. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif berbahasa Inggris pada Vertebrata dan untuk menentukan pengaruhnya pada hasil belajar siswa kelas X. Penelitian dengan menggunakan metode Research and Development dengan langkah kerja sebagai berikut, yaitu
menganalisis masalah dan potensi pengembangan multimedia interaktif pada vertebrata, mengumpulkan data, merancang produk tertentu, validasi produk oleh para ahli, dan pengujian empiris produk untuk produksi massal. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa multimedia interaktif bahasa Inggris perlu dikembangkan. Skor penilaian multimedia interaktif oleh para ahli adalah 91,42. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 93,13, dan 88,64 untuk kelompok kontrol. Multimedia interaktif berbahasa Inggris pada materi vertebrata dikembangkan dengan kriteria layak, artinya multimedia interaktif berbahasa Inggris pada materi vertebrata yang dikembangkan layak diterapkan sebagai suplemen pada pembelajaran vertebrata di SMA. Penggunaan multimedia interaktif berbahasa inggris pada materi vertebrata berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran.

An Interactive multimedia on Vertebrate should be developed as complement andor supplement for Vertebrate study. The objectives of this research was to develop an English interactive multimedia on Vertebrate, todetermine the influence an English Interactive Multimedia of Vertebrate on the learning achievement of X class students. Research  method used was Research and Development, steps of this research were as follows:analyzing the problems and potentials of the development of interactive multimedia, collecting data, designing a particular product, validating the products, and empiricallytesting products for mass production.
The results of this research indicated that English interactive multimedia needs to be developed. The score provided assessment of this interactive multimedia was91.42. The average achievement of experiments group was 93.13, and 88.64 for control group. English interactive multimedia on the vertebrates materials was finallydeveloped under the proper criteria, meaning that an English interactive multimedia of Vertebrata materials was feasible as a supplement to the learning of highschool Vertebrates. The use of interactive multimedia materials in English on Vertebrate brought significant effect on student learning achievement, so it was
effectively used in learning.

References

Anitah, S. 2008. Media Pembelajaran. Solo: USM Press.

Arsyad, A. 2007.Media Pembelajaran: Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media PembelajaranPeranannyasangat PentingDalamMencapaiTujuanPembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eristi, S. 2006. The Effectiveness of Interactive Instruction CD DesainedThrought The PreSchool Student. Journal of Theoretical and Applied Information Technology. On line athttp://www.eric.ed.gov/ERICDocs/data/ ericdocs2sql/content_storage_01/0000019b/80/3c/f7/a2.pdf) [diunduhtanggal23 Februari 2010].

Hadi, M.S dan Rahmawati, Y. 2007. Analisis Pengembangan

Desain dan Warna yang Berwawasan Gender pada Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Penelitian Kependidikan Tahun 17, Nomor 2, Desember 2007.

Heinich, R., Molenda, M., danRussel, J.D. 1993. Instructional

Media and The New Technologies of Instruction. New York: John Wiley & Sons. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung:Alfa Beta.

Tapia, C., Hagar, J.S., Muller, M., Valenzuela, F. dan Basualto, C. 2002. Development of an Interaktif CD.-ROM for Teaching Unit Operations to Pharmacy Students. Americans Journal of Pharmaeutical Education Vol.66:280-287.

Wahono, R.S. 2006. Aspekdan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Jakarta. On line at http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/[diunduhtanggal 9 Februari 2011).

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Section
Articles