KEEFEKTIFAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN CABRI 3D BERBASIS KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga mencapai KKM, (2) kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga lebih baik daripada kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran ekspositori, (3) terdapat pengaruh positif antara aktivitas siswa terhadap kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap tahun pelajaran 2011/2012 SMA Negeri 1 Banjarnegara. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga mencapai KKM, kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga lebih baik daripada kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran ekspositori, terdapat pengaruh positif antara aktivitas siswa terhadap kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga. Disimpulkan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter terhadap kemampuan spasial dikatakan efektif.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Boyle, C. R. 1999. A Problem-Based Learning Approach to Teaching Biostatistics. Journal of Statistics Education, 7(1). Tersedia di http://www.amstat.org/publications/jse/secure/v7n1/boyle.cfm [diakses 15-2-2012].
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fauzan, A., D. Slettenhaar, & T. Plomp. 2002. Traditional Mathematics Education vs. Realistic Mathematics Education: Hoping for Changes. Proceedings of the 3rd International Mathematics Education and Society Conference. Copenhagen: Centre for Research in Learning Mathematics. pp. 1-4.
Guven, B. & T. Kosa. 2008. The Effect of Dynamic Geometry Software on Student Mathematics Theachers’ Spatisl Visualization Skills. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 7(4): 100-107.
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kemdiknas. 2010. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdiknas.
Ludwig, H. J. 1996. Computer Application in the Teaching of Mathematics. A Presentation of Joint Mathematics Meetings, Ball State University, Orlando, Florida, January 10-13. Tersedia di http://mathforum.org/orlando/ludwig.orlando.html [diakses 17-2-2012].
Maier, P. H. 1998. Spatial Geometry and Spatial Ability - How to make solid Geometri solid?. Selected Papers from the Annual Conference of Didactics of Mathematics 1996. Proceeding of the Annual Meeting Of the Gesellschaft fur Didaktik der Mathematik (GDM). Edited by Elmar Cohor-Fresenborg et all. Osnabrueck. pp 63-75.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdiknas.
Puspendik Balitbang Kemdiknas. 2011. Laporan Hasil Ujian Nasional. Jakarta: Puspendik Balitbang Kemdiknas.
Strobel, J. & A. van. Barneveld. 2009. When is PBL More Effective? A Meta-synthesis of Meta-analyses Comparing PBL to Conventional Classrooms. The Interdiciplinary Journal of Problem-based Learning, 3(1): 44-58.
Sutrisno & Nuryanto. 2008. Profil Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Provinsi Jambi. Makalah disampaikan pada Simposium Tahunan Penelitian Pendidikan 2008. Jambi: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.