KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN KARTU MASALAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP KELAS VII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tika Eko Ardiani
Stevanus Budi Waluya
Ary Woro Kurniasih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan implementasi pembelajaran CRH berbantuan kartu masalah dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedawung tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran CRH berbantuan kartu masalah dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Analisis data akhir menggunakan uji ketuntasan ratarata, uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, uji gain, dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal; dan (2) rata-rata dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) tingkat disposisi matematik siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada siswa pada kelas kontrol; (4) tingkat disposisi matematik mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah sebesar 73,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran CRH berbantuan kartu masalah efektif dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa SMP kelas VII.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ardiani, T., Waluya, S., & Kurniasih, A. (2016). KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN KARTU MASALAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP KELAS VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11402

References

Anggraeni. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar KREATIF (Volume 1 Nomor 2). Hlm 194-205.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk Matematika SMP-MTs. Jakarta: BSNP.
Mahanani, dkk. 2013. Keefektifan Model Course Review Horay Berbantuan Powerpoint pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal Mathematics Educations Volume 2, Nomor 3.
Mahmudi.2010. Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematik.Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta, 17April 2010.
OECD. 2012. PISA 2012 Results in Focus What 15-year-olds Know and What They Can Do with What They Know.[Online].Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/keyfinding/pisa-2012-result-overview.pdf [diakses 15-02-2015].
Ritonga. 2011. Efektivitas Penggunaan Media Kartu pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-1 SMP N 29 Pekanbaru. Gamatika Vol 2, No 1.
Senguil, S., & Katranci, Y. 2012. Teaching the Subject ‚”Sets” with the ‘Dissociation and Re-Association’(Jigsaw).International Online Journal of Educational Sciences, 4(1), 1-18.
Slavin Robert, E. 2010. Cooperative Learning: Applying Contact Theory in Desegrated Schools. Journal of Social Issues. Vol. 41 Issue 3: 45-62
Sugandi, A, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press.
Sugandi & Rahayu. 2012. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Surabaya Tahun Ajaran 2011/2012. Surabaya: Seminar Nasional Pendidikan Matematika.
Syaban.2010. Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Investigasi. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya.
Triyanto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Turmudi.2008. Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.
Wardhani, dkk. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/Mts untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: PPPTK Matematika, Depdiknas.