KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Indra Adi Nugroho
Moch Chotim
Dwijanto Dwijanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik pada pembelajaran dengan pendekatan problem based learning berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan yang diharapkan; (2) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik pada pembelajaran dengan pendekatan problem based learning berbantuan CD pembelajaran lebih lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional; dan (3) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, metode skala dan metode tes. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan individual, uji ketuntasan klasikal, uji perbedaan rata-rata, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan problem based learning berbantuan CD pembelajaran lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik pada materi pokok segiempat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Indra Adi Nugroho, Semarang State University

Mathematics departement

Moch Chotim, Semarang State University

Mathematics departement

Dwijanto Dwijanto, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Nugroho, I., Chotim, M., & Dwijanto, D. (2013). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3319

References

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

HaRoh, K. 2003. Problem-based Learning in Mathematics. Online. Tersedia di http://www.ericdigest.org/2004-3/math.html [diakses 14 Februari 2012].

Pehkonen, Erkki (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM Volum 29 (June 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Download 6 Agustus 2012.

Setyawan, F. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Student Worksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMP 5 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Materi Pokok Segitiga. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Siswono, Tatag Y.E. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains”, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun X, No. 1, Juni 2005. ISSN 1410-1866, hal 1-9.

Siswono, Tatag Y.E. 2007. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Siswono, Tatag Y.E. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. [Online]. Tersedia di http://suaraguru.wordpress.com/2009/02/23/meningkatkan-kemampuan-berpikir-kreatif-siswa.
Sugiarto. 2010. Bahan Ajar Workshop Pendidikan Matematika II. Semarang: Universitas Negeri Semarang.