KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Barrett, Terry. 2005. Understanding Problem Based Learning. Handbook of Enquiry and Problem¬based Learning : Irish Case Studies and International Perspectives. CELT, NUI Galway. All Ireland Society for Higher Education (AISHE). Tersedia di http://www.nuigalway.ie/celt/pblbook/chapter2.pdf [diakses 09-01-2015].
Chen W.H. 2013. Teaching Geometry through Problem-Based Learning and Creative Design. Proceedings of the 2013 International Conference on Education and Educational Technologies. Department of Applied Mathematics Tunghai University. Taiwan. Tersedia di http://www.europment.org/library/2013/rhodes/bypaper/EET/EET-36.pdf [diakses 03-03- 2015].
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta: Depdiknas.
Fitriyani, Ika. 2013. Problem Based Learning Berorientasi PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika. Prosiding disajikan dalam Seminar Nasional Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang. [diakses 10-01-2015].
Mustikawati, P.A & Wardono. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik Model PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter. Unnes Journal of Mathematics Education vol. 3. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teacchers of Mathematics. Tersedia di www.4shared.com/office/iCN3JX1s/NCT_200_Standards.html [diakses 11-01-2015].
Pimta S. et. al. 2009. Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Jurnal of Social Sciences 5 (4). Thailand. Tersedia di http://thescipub.com/PDF/jssp.2009.381.385.pdf [diakses 15-04-2015].
Purnamasari, Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol 1 No 1. Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Tersedia di http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/3/3 [diakses 29-01- 2015].
Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.
Sugandi, Ikin A. 2013. Pendekatan Kontektual Sebagai Pendekatan Dalam Pembelajaran Matematika yang humanis Dalam meningkatkan Kemandirian Belajar. Prosiding dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia di eprints.uny.ac.id/10737/1/P%20-%2014.pdf [diakses 29-01-2015].
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.