KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Pinta Dian Lestari
Dwijanto Dwijanto
Putriaji Hendikawati

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) pembelajaran model PBL dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang pada materi segiempat efektif; (2) ada pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang pada pembelajaran yang menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, tes, observasi dan skala sikap. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran model PBL dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang pada materi segiempat efektif; (2) kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 41 Semarang pada materi segiempat yang menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lestari, P., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11405

References

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach : Belajar untuk Mengajar (7th ed). Translated by Soetjipto, H.P & M.Soetjipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barrett, Terry. 2005. Understanding Problem Based Learning. Handbook of Enquiry and Problem¬based Learning : Irish Case Studies and International Perspectives. CELT, NUI Galway. All Ireland Society for Higher Education (AISHE). Tersedia di http://www.nuigalway.ie/celt/pblbook/chapter2.pdf [diakses 09-01-2015].
Chen W.H. 2013. Teaching Geometry through Problem-Based Learning and Creative Design. Proceedings of the 2013 International Conference on Education and Educational Technologies. Department of Applied Mathematics Tunghai University. Taiwan. Tersedia di http://www.europment.org/library/2013/rhodes/bypaper/EET/EET-36.pdf [diakses 03-03- 2015].
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta: Depdiknas.
Fitriyani, Ika. 2013. Problem Based Learning Berorientasi PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika. Prosiding disajikan dalam Seminar Nasional Matematika. Semarang: Universitas Negeri Semarang. [diakses 10-01-2015].
Mustikawati, P.A & Wardono. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik Model PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter. Unnes Journal of Mathematics Education vol. 3. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
NCTM. 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teacchers of Mathematics. Tersedia di www.4shared.com/office/iCN3JX1s/NCT_200_Standards.html [diakses 11-01-2015].
Pimta S. et. al. 2009. Factors Influencing Mathematic Problem-Solving Ability of Sixth Grade Students. Jurnal of Social Sciences 5 (4). Thailand. Tersedia di http://thescipub.com/PDF/jssp.2009.381.385.pdf [diakses 15-04-2015].
Purnamasari, Y. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemandirian Belajar dan Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Peserta Didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol 1 No 1. Program Pascasarjana Universitas Terbuka. Tersedia di http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/view/3/3 [diakses 29-01- 2015].
Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media.
Sugandi, Ikin A. 2013. Pendekatan Kontektual Sebagai Pendekatan Dalam Pembelajaran Matematika yang humanis Dalam meningkatkan Kemandirian Belajar. Prosiding dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia di eprints.uny.ac.id/10737/1/P%20-%2014.pdf [diakses 29-01-2015].
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2