KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Munif Nugroho
Hardi Suyitno
Mashuri Mashuri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 8 Batang pada materi pokok pecahan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran Konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan tes. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah pada akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 77,4655, sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol adalah 73,1207. Perhitungan memberi hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen memenuhi ketuntasan belajar (, mencapai kriteria ketuntasan klasikal (, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, serta persentase ketuntasan kelas eksperimen lebih baik daripada persentase ketuntasan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 8 Batang pada materi pokok pecahan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Ahmad Munif Nugroho, Semarang State University

Mathematics departement

Hardi Suyitno, Semarang State University

Mathematics departement

Mashuri Mashuri, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Nugroho, A., Suyitno, H., & Mashuri, M. (2013). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3325

References

Anni, C. T. 2007. Psikologi belajar. Semarang: Unnes Press.

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Lie, A. 2007. Cooperative learning. Jakarta: Grasindo.

Manalu, P. 1980. Strategi belajar dengan pemecahan masalah. Jakarta: Depdikbud.

Slavin, R. 2008. Cooperative learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2002. Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, E. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.