KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Karina Pratinuari
Sugiarto Sugiarto
Emi Pujiastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open-ended dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan CD interaktif; (2) mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open-ended dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan CD interaktif dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan individual, uji ketuntasan klasikal, dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan Open-ended dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan CD interaktif efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi pokok luas permukaan dan volum tabung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Karina Pratinuari, Semarang State University

Mathematics departement

Sugiarto Sugiarto, Semarang State University

Mathematics departement

Emi Pujiastuti, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Pratinuari, K., Sugiarto, S., & Pujiastuti, E. (2013). KEEFEKTIFAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3327

References

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (7th Edition). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hawa, S. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi.

Hudiono, Bambang. 2008. Pembudayaan Pendekatan Open-ended Problem Solving dalam Pengembangan Daya Representasi Matematik Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 9 No. 1.

Mulyani, Yunia. 2011. Penerapan Peta Konsep Segitiga pada Siswa SMA. Jurnal Online Pendidikan dan Budaya. [online] http://educare.e-fkipunla.net.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setya, Ika. 2008. Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) dalam Pembelajaran Biologi Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pada Siswa SMP Negeri 2 Cawas Tahun Ajaran 2007 / 2008. Skripsi Universitas Muhamadyah Surakarta.

Sugiarto. 2010. Workshop Pendidikan Matematika. Semarang: UNNES.

Syaban, Mumun. 2011. Menggunakan Open-ended untuk Memotivasi Berpikir Matematika. Educare. Jurnal Pendidikan dan Budaya.[Online]. Tersedia: http://educare.e-fkipunla.net.

Most read articles by the same author(s)