PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.
Bilgin, I., E. Senocak. & M. Sozbilir. 2009. The Effects of Problem Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problem in Gas Concepts. Eurasia Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education, Vol 5(2): 153-164. Tersedia di http://file.upi.edu/ Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/196707251992032%20-%20SETIYA%20UTARI/JURNAL.pdf [diakses 23-11-2012].
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/ MTs. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Haylock, D. 1997. Recognising Mathematical Crearivity in Schoolchildren. ZDM, Vol 29(3): 68-74. Tersedia di http://www.emis.de/journals/ZDM/zdm973a2.pdf [diakses 20-2-2013].
Ibrahim, H. M. & M. Nur. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (2th ed). Surabaya: UNESA – University Press.
Mahmudi, A. 2010. Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah disajikan pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA. Manado: Jurusan Pendidikan Matematika UNY. Tersedia di http://staff.uny.ac.id/sites/ default/ files/penelitian/Ali%20Mahmudi,%20S.Pd,%20M.Pd,%20Dr./Makalah%2014%20ALI%20UNY%20Yogya%20for%20KNM%20UNIMA%20_Mengukur%20Kemampuan%20Berpikir%20Kreatif%20_.pdf [diakses 23-11-2012].
Noer, S.H. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Lampung: Universitas Lampung.
Pehkonen, E. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM, Vol 29: 63-67.
Selcuk, G. S. 2010. The Effects of Problem-Based Learning on Pre-service Teachers’ Achievement, Approaches and Atitudes Towards Learning Physics. International Journal of Physical Sciences, Vol 5(6): 711-723. Tersedia di http://www.academicjournals.org/ijps/pdf/pdf2010/Jun/Sel%C3%A7uk.pdf [diakses 20-2-2013].
Setiyani. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan CD Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Siswono, T. Y. E. 2004. Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Makalah disajikan pada Konferensi Himpunan Matematika Indonesia. Bali: FMIPA UNESA. Tersedia di http://tatagyes.files.wordpress. com/2009/11/paper04_berpikirkreatif2.pdf [diakses 8-12-2012].
Sugandi, A. I. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif JIGSAW terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Lampung: Universitas Lampung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.
Tarhan, L., H. A. Kayali., R. O. Urek., & B. Acar. 2008. Problem-Based Learning in 9th Grade Chemistry Class: ‘Intermolecular Force’. Res Sci Educ, Vol 38: 285-300. Tersedia di http://[email protected] [diakses 23-11-2012].